VIRTUAL FITTING MENGGUNAKAN TEKNOLOGI KINECT

2015: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP)

Farazka Nauval Akbar
Dyah Ayu Irawati

Abstract

Dalam era teknologi modern ini banyak sekali kebudayaan-kebudayaan suatu bangsa yang akhirnya kalah
dengan trend di era modern ini terlebih pada baju-baju adat daerah. Dengan adanya kemajuan teknologi tersebut
keberadaan pakaian-pakaian adat ini dapat disampaikan kepada masyarakat dengan lebih interaktif yang salah
satunya menggunakan teknologi sensor yang terdapat pada Microsoft Kinect. Microsoft Kinect disini mampu
menangkap gerakan gesture serta suara dari pengguna yang memungkinkan seorang pengguna untuk dapat
berinteraksi secara langsung dengan komputer. Kemampuan pada Kinect tersebut dapat dimanfaatkan dalam
pengaplikasian sebuah ruang ganti baju secara virtual sebagai media pengenalan baju adat daerah kepada
pengguna. Harapan dibuatnya aplikasi ini adalah supaya mampu mengenalkan baju-baju adat daerah di Indonesia
kepada masyrakat dengan tujuan melestarikan kebudayaan Indonesia yang berfokus pada baju-baju adat daerah
Indonesia.

References

Ratini. 2011. Penggunaan Multimedia Interaktif
Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar
BiologiPada Siswa SMA Muhammadiyah 1
Metro Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurnal
Bioedukasi II (1)
S. Hauswiesner, M. Straka, G .Reiytmayr,”Virtual
Try-On through Image-Based Rendering,” IEEE
TRANSACTIONS ON VISUALIZATION AND
COMPUTER GRAPHIC, VOL. 19, NO. 9
Yolcu. G, Kazan. S, dan Oz. C. 2014. “Real Time
Virtual Mirror Using Kinect,” Turkey: BALKAN
JOURNAL OF ELECTRICAL & COMPUTER
ENGINEERING, vol. 2, no. 2.
(http://www.bajece.com Diakses pada 28
Desember 2014).
Z. Shou, B. Shu, S. Zhuo, X .Deng, P. Tan, D. Lin
“Image-based clothes animation for virtual
fitting,” SIGGRAPH Asia 2012 Technical Briefs.