IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (e-CRM) DENGAN METODE FRAMEWORK OF DYNAMIC CRM (STUDI KASUS FOTORENTIS STUDIO)

2015: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP)

Charismawan Cahyo Nugroho
Nurudin Santoso

Abstract

Mengelola hubungan baik dengan pelanggan merupakan strategi perusahaan dalam rangka meningkatkan
loyalitas penggunaan produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Selain dapat meningkatkan pendapatan
dalam jangka waktu yang panjang, pelanggan yang loyal dapat membentuk image positif terhadap produk dan jasa
yang dimiliki perusahaan. Pesatnya persaingan bisnis dan perkembangan teknologi informasi ikut berperan
mengubah paradigma bisnis, yaitu model bisnis yang mengimplementasikan teknologi informasi di dalamnya. Hal
ini mendorong perusahaan untuk memanfaatkan teknologi dalam memelihara hubungannya dengan pelanggan
agar terbentuk loyalitas pelanggan di tengah semakin ketatnya persaingan bisnis dan tuntutan dari customer.
Penelitian ini bertujuan untuk membangun perangkat lunak electronic customer relationship management
(e­CRM) dengan metode framework of dynamic CRM di Fotorentis Studio Malang sebagai teknologi yang dapat
membantu mengelola hubungan pihak perusahaan dengan pelanggan sehingga pelanggan memperoleh kemudahan
dan kenyamanan akan pelayanan studio yang pada akhirnya nanti dapat terbentuk loyalitas pelanggan.
Pada implementasi perangkat lunak ini, menggunakan metode system development life cycle (SDLC) dan
kemudian menghasilkan prototype e­CRM yang dibangun berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP dan
basis data MySQL. Prototype e­CRM ini telah diuji dari segi verifikasi, validasi dan pengujian prototype. Dari
hasil pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa prototype e­CRM ini telah berhasil dan sesuai dengan tujuan
perencanaan.

References

Alhaiou, T., Irani, Z., dan Ali, M. 2009. “The
Relationship Between eCRM Implementation
And E­Loyalty at Different Adoption Stages of
Transaction Cycle”, Proceeding Of European
and Mediterranean Conference on Information
Systems. Brunei: Brunei University.
Andreani, F. 2007. “Customer Relationship
Management Dan Aplikasinya dalam industry
manufaktur dan jasa”, Jurnal Manajemen
Pemasaran Vol 2 Edisi 2. Surabaya: Fakultas
Ekonomi, Universitas Kristen Petra.
Cooper, D. R. & Schindler, P. S. 2006. Metode Riset
Bisnis Volume 1. Jakarta: PT Media Global
Edukasi.
Hasan, I. M. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi
Penelitian Dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia
Indonesia.
Huth, M. & Ryan, M. 2004. Logic in Computer
Science : Modelling and Reasoning about
Systems. Cambridge University Press.
Kadir, Abdul. 2006. Pengenalan Sistem Informasi.
Yogyakarta: Andi Offset.
Mc. Leod, R. Jr. 2002. System Development: A
Project Management Approach. New York:
Leigh Publishing LLC.
Maleong, L. J. 2005. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: Rosda.
Pressman, R.S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak:
Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Rangkuti, Freddy. 2002. Analisa SWOT teknik
membedah kasus bisnis. Jakarta: PT Gramedia
Pustaka Umum.
Sami, A., Alsyurafa, A., Valentinus. 2009. “Analisa
dan Perancangan Aplikasi E­CRM pada hotel
Swarna Dwipa”, Skripsi S1, Program Sarjana
Universitas Bina Nusantara. Jakarta (Tidak
dipublikasikan).