SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN LOKASI STRATEGIS PEMASANGAN REKLAME DI KOTA MALANG

2015: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP)

Firszandi Suryadarma
Yuri Ariyanto

Abstract

Badan Pelayanan Perizinan Terpadu di Kota Malang
 
adalah sekumpulan orang atau sebuah instansi yang
merupakan kesatuan untuk memberi pelayanan perizinan, terutama untuk perizinan dalam melakukan pemasangan
reklame. Pesatnya kemajuan teknologi membawa dampak semakin banyaknya sarana­sarana yang bisa
mempermudah kehidupan manusia diantaranya gagasan tentang sebuah software aplikasi sistem informasi
geografis yang bisa membanti mempermudah pelimilhan lokasi reklame yang strategis oleh user. Dengan
menggunakan sistem Sistem Informasi Geografis (SIG) maka akan mudah bagi para pengambil keputusan untuk
menganalisa data yang ada. Karena dengan adanya SIG maka akan digambarkan juga posisi penyebaran data pada
kondisi sesungguhnya. SIG digunakan untuk memvisualisasikan hasil dari lokasi alternatif yang bisa digunakan
untuk pemilihan lokasi reklame yang strategis dan tepat. Untuk mengukur masing­masing nilai kriteria dan
alternative yang akan dipilih, dibutuhkan suatu metode AHP (Analytic Hierarchy Process). Analytic Hierarchy
Processing (AHP) adalah suatu metode pengambilan keputusan dari banyak kriteria dan banyak pilihan, serta nilai
input dari AHP bisa berupa nilai preferensi maupun nilai riil. AHP diterapkan untuk menentukan nilai pada masing
­masing lokasi alternatif.

References

Arief, MR. 2011. Pemrograman Web Dinamis
menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta:
Penerbit Andi.
Indika, Mika. 2010. Sistem Pendukung Keputusan
Penentuan Lokasi Pembangunan Tower Base
Transceiver Station (BTS) Pada PT. XL Axiata
Tbk-Medan Dengan Metode Analytic Hierarchy
Process (AHP). Medan: Universitas Sumatra
Utara.
Kartika, Trecya. 2014. Pengaruh Kualitas Produk,
Kepercayaan Konsumen Dan Pengetahuan
Tentang Media Sosial Internet Terhadap Minat
Beli Konsumen Online. Bengkulu: Universitas
Bengkulu.
Kusrini, M. Kom. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem
Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Penerbit
ANDI.
M.A, Morrison. 2010. Periklanan Komunikasi
Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Sahputra,Teuku. 2011. Sistem Penunjang Keputusan
Pemenang Tender Proyek Menggunakan Metode
AnalitycHierarchy Process (AHP) Pada Dinas
Pekerjaan Umum Kabupaten Aceh Selatan.
Aceh: Universitas Serambi Mekkah.
Santoso, Nurudin. 2012. Modul Ajar Sistem
Pendukung Keputusan. Malang: Politeknik
Negeri Malang.
Subroto, Budiarto. 2011. Pemasaran Industri
Business to Business Marketing. Yogyakarta:
Penerbit Andi.
Utaminingsih, Dwi. 2014. “Sistem Pendukung
Keputusan Untuk Menempatkan Iklan Produk
pada Program Televisi Menggunakan
AHP”.Jurnal Ilmiah Universitas Dian
Nuswantoro Semarang.