RANCANG BANGUN GAME JELANGKUNG DENGAN PENENTUAN RUTE TERPENDEK MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC GENERATE AND TEST
2015: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP)
Abstract
Game dalam komputer adalah aplikasi yang mengembangkan diri dan fokus untuk menghibur penggunanya. Hal
tersebut didukung dengan berkembangnya game yang sekarang tidak hanya terpusat untuk menghibur anak kecil,
tetapi juga orang dewasa. Bahkan dengan majunya teknologi kita dapat menemukan game yang memiliki tampilan
dan suara seperti aslinya. Dengan tampilan yang disajikan lebih detail dan suara yang mendukung, dapat dengan
lebih membuat pengguna merasa terhibur menggunakannya. Pembuatan objek berdasarkan dari suasana dan suara
yang ada, dan dibentuk dengan permodelan 3 dimensi yang kemudian disusun agar dapat dianimasikan seperti
dunia nyata. Pemodelan objek 3 dimensi sampai proses animasi dibuat menggunakan software Blender. Setelah
pembuatan animasi, dilakukan pembuatan game menggunakan software Unity 3D. Dari proses pemodelan,
pembuatan kecerdasan buatan lawan, didapatkan hasil suatu aplikasi game Jelangkung, sebagai media penghibur
yang akan mengenalkan salah satu hantu Indonesia yaitu jelangkung dengan tampilan animasi 3 dimensi.
tersebut didukung dengan berkembangnya game yang sekarang tidak hanya terpusat untuk menghibur anak kecil,
tetapi juga orang dewasa. Bahkan dengan majunya teknologi kita dapat menemukan game yang memiliki tampilan
dan suara seperti aslinya. Dengan tampilan yang disajikan lebih detail dan suara yang mendukung, dapat dengan
lebih membuat pengguna merasa terhibur menggunakannya. Pembuatan objek berdasarkan dari suasana dan suara
yang ada, dan dibentuk dengan permodelan 3 dimensi yang kemudian disusun agar dapat dianimasikan seperti
dunia nyata. Pemodelan objek 3 dimensi sampai proses animasi dibuat menggunakan software Blender. Setelah
pembuatan animasi, dilakukan pembuatan game menggunakan software Unity 3D. Dari proses pemodelan,
pembuatan kecerdasan buatan lawan, didapatkan hasil suatu aplikasi game Jelangkung, sebagai media penghibur
yang akan mengenalkan salah satu hantu Indonesia yaitu jelangkung dengan tampilan animasi 3 dimensi.
Copyright ©2020 Jurusan Teknologi Informasi - Politeknik Negeri Malang.
References
Ferdian, Ido dan Hidayat, Reza Wahyu, 2014,
“Pengembangan Virtual Tour Habitat Dinosau
Hakim, Z. (2012, Oktober 26). Mengenal Isitilah
Multemedia. Retrieved Februari 25, 2013.
Moore, Michael E; Novak Jeannie. 2010. Game
Industry Career Guide. New York;
Delmar/Cenggage Learning.
Team Animasi Seamolec, 2012.
“Seamolec Blender
Ganesha 3D Animation Open Source”
.
Bandung : Seamolec.
“Pengembangan Virtual Tour Habitat Dinosau
Hakim, Z. (2012, Oktober 26). Mengenal Isitilah
Multemedia. Retrieved Februari 25, 2013.
Moore, Michael E; Novak Jeannie. 2010. Game
Industry Career Guide. New York;
Delmar/Cenggage Learning.
Team Animasi Seamolec, 2012.
“Seamolec Blender
Ganesha 3D Animation Open Source”
.
Bandung : Seamolec.