IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE PADA GAME“SAVE THE ANIMALS”

2017: Seminar Informatika Aplikatif Polinema

Mochammad Irfan Rizaldi
Ridwan Rismanto
Ekojono Ekojono

Abstract

Game merupakan salah satu industri yang besar saat ini dan dapat menjadi alternatif hiburan untuk mengisi
liburan maupun waktu luang dan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak – anak maupun orang
dewasa. Game dapat dikembangkan menjadi salah satu media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak. Salah
satunya adalah yang bertema hewan yang bertujuan untuk memperkenalkan macam – macam hewan.
Salah satu pengembangan metode yang dapat medukung pembuatan game platformer ini adalah Finite State
Machine Method yang merupakan salah satu perangkat komputasi yang memiliki input berupa string dan output
yang merupakan satu dari dua nilai yang dapat di-accept dan reject. Metode ini digunakan untuk mengatur perilaku
pada objek hewan.
Hasil dari penelitian ini yaitu Game “Save The Animals” Berbasis Desktop, memiliki tampilan gameplay
yang menarik dan membuat proses pengetahuan tentang pengenalan hewan dengan sangat menyenangkan
sehingga player dapat mengetahui informasi tentang hewan dengan sangat jelas, Hal ini dapat dilihat dari penilaian
setiap pengguna atau responden terhadap pertanyaan kuesioner yang menyatakan bahwa game ini menarik dan
membuat proses pengetahuan tentang pengenalan hewan.

Kata Kunci: pengenalan hewan, permainan 3D Platformer, Unity Game Engine, Finite State Machine.

References

[1] Bimantoro, Tito. Haryanto, Hanny. (2016).
Pemodelan Perilaku Musuh Menggunakan
Finite State Machine (FSM) Pada Game
Pengenalan Unsur Kimia. Journal of Applied
Intelligent System, Vol.1, No. 3, Oktober 2016
: 210-219.
[2] Tjahjono, Harvey. Liliana. Gunadi, Kartika.
(2015). Pembuatan Game Cerita Rakyat
Dengan Bentuk Adventure Game. Vol 3, No 2
(2015).
[3] Terttiaavini. Kaspriyanto, Ari. Hartini. (2016).
Aplikasi Cak Ingkling Berbasis Android.
Jurnal Ilmiah Informatika Global Volume 7
No.1 Juli 2016.
[4] Dyta, Eka, Septian. (2013). Rancang Bangun
Aplikasi Game Edukasi Anak Untuk Mengenal
Bentuk Dan Warna. Fakultas Ilmu Komputer
Program Studi Teknik Informatika-S1,
Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.
[5] Arif, Miftachul, Yunifa. Hariadi, Mochamad.
S.N, Mardi, Supeno. (2012). Integrasi
Hierarchy Finite State Machine Dan Logika

Fuzzy Untuk Desain Strategi NPC Game.
Jurusan Teknik Elektro. ITS Surabaya.
[6] Blender Org. About Blender 3D. (Online)
Tersedia : https://www.blender.org/about/, [08
Maret 2017]
[7] Prasetyo, David. 2015. “Pengertian
Storyboard”, (Online) Tersedia :
http://www.davidprasetyo.com/2015/11/penge
rtian-storyboard.html, [14 Maret 2017]
[8] Wicaksana, Arif. 2016. “Pengertian Use
Case”, (Online) Tersedia :
https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengert
ian-use-case-a7e576e1b6bf, [01 April 2017]
[9] Filus, Teo. 2017. “Pengenalan Bahasa
Pemrograman C#”, (Online) Tersedia :
https://www.codepolitan.com/pengenalanbahasa-pemrograman-c-587effa1cb95b,

[05
Mei 2017]
[10] Andika, Dwiky. 2017. “Pengertian Flowchart |
IT-Jurnal”, (Online) Tersedia : https://www.itjurnal.com/pengertian-flowchart/,

[10 Juni
2017]
[11] Spelman, Dr. Lucy. “National Geographic
Animal Encyclopedia/Fauna Pedia”. Jakarta :
KPG Kepustakaan Populer Gramedia. 2012