Pembuatan aplikasi game edukasi untuk pembelajaran transportasi bahasa inggris bagi anak sekolah dasar dengan metode fisher yates shuffle dan metode finite state machine (FSM)

2017: Seminar Informatika Aplikatif Polinema

Hafis Setiawan
Ekojono Ekojono
Putra Prima Arhandi

Abstract

Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari hari. Transportasi sendiri dibagi menjadi 3
jenis yaitu transportasi darat , laut, dan udara. Pengenalan jenis alat transportasi sejak usia dini dapat membantu anak anak
mengenali jenis alat transportasi.salah satu media pengenalan transportasi yang dapat dipakai adalah mengunakan permainan.
Melalui permainan di dalam komputer, yang berisi materi tentang alat transportasi dan tampilan gambar 2 dimensi dari tiap jenis
alat alat transportasi dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang efektif dan interaktif, untuk memudahkan guru
dalam penyampaian materi kepada anak anak. Dalam game ini penulis membuat game platform 2D yang bertema pembelajaran
transportasi dengan metode finite state machine dan fisher yates. Dari pengujian alpha test didapatkan hasil yaitu mempunyai
tampilan yang menarik dan user friendly serta dapat bermanfaat sesuai fungsinya dengan presentasi pengujian 50% untuk sangat
setuju dan 50% untuk setuju.

Kata Kunci: Bahasa Inggris, Game Edukasi, Finite State Machine, Fisher Yates

References

[1] Pandensolang, Yonatan Christian. 2015. Landasan
Konseptual Perencanaan dan Perancangan
Pengembangan Stasiun Kereta Api Tanjung Karang di
Lampung. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya
Yogyakarta
[2] Tito Bimantoro, Hanny Haryanto.2016. Pemodelan
perilaku musuh menggunakan Finite State Machine
(FSM) pada game pengenalan unsur kimia.
[3] Nur Aisyah.2016.Implementasi Metode Fisher Yates
Shuffle untuk pengacakan pertanyaan pada game ali and
the Labirin
[4] Ade-Ibijola, AbejideOlu. 2012. A Simulated
Enhancement of Fisher-Yates Algorithm for Shuffling in
Virtual Card Games using Domain-Specific Data
Structures, International Journal of Computer
Applications, http:/www.acamedia.edu diakses tgl 07
agustus 2017
[5] O’Connor, Derek. 2014 A Historical Note on Shuffle
Algorithms, https://www.academia.edu diakses tgl 07
agustus 2017
[6] Rostianingsih, Silvia dkk. Game Simulasi Finite State
Machine untuk pertanian dan peternakan Surabaya :
Universitas Kristen Petra, 2011
[7] Aisy Muhammad Rozsidy. 2016. “ Rancang Bangun
Game Fighting Pewayangan Bahuraka Arena ” Malang.
Politeknik Negeri Malang.
[8] Feisal, ferdian, Pengembangan FSM untuk memodelkan
agen dan pergerakan Olahraga Futsal. Bogor : Institute
Pertanian Bogor, 2015.
[9] Luther, A. C., 1994, Authoring Interactive Multimedia,
Academic Press, Inc., Massachusettes
[10] Abdullah Dahlan, dkk, Penerapan Metode Finite State
Machine Pada Game “ The Relationship” Samarinda,
Kalimantan Timur Jurnal Informatika Mulawarman,
2016.