SISTEM PERAMALAN PENJUALAN MEBEL MENGGUNAKAN METODE TREND MOMENT DI UD. LANCAR DJAYA

  • Fredhy Andrean Winandra P Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Eka Larasati Amalia Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Mustika Mestari Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Mebel atau furniture adalah merupakan kebutuhan rumah tangga yang harus ada di dalam rumah. Pada UD. Lancar Djaya merupakan salah satu toko mebel yang berada di Desa Kalitidu. Dari banyaknya pelanggan yang memesan di toko mebel dan kurangnya analisis seorang manajer maka mengakibatkan kurangnya stok mebel, dengan begitu omset yang di dapat menurun dan mengakibatkan hilangnya keuntungan penjualan. Untuk mengetahui jumlah perkiraan penjualan pada bulan dan tahun yang mendatang dibutuhkan data yang lengkap dari tahun sebelumnya serta menggunakan metode supaya nilai lebih akurat dalam perhitungan.

Metode Trend Momentadalah metode peramalan yang tidak perlu menentukan jumlah data harus genap maupun ganjil karena menggunakan parameter X yang selalu dimulai dengan 0. Metode trend moment untuk keperluan peramalan dari data histori beberapa tahun kebelakang yang dimana pihak manajer dapat memprediksi produksi mebel pada bulan kedepannya, maka data tahun terakhir dimasukkan ke data pada tahun yang akan datang. Sehingga metode ini dapat membantu perusahaan dalam perencanaan produksi, dan dapat mengurangi angka ketidak tepatan produksi. Diharapkan dengan adanya sistem ini manajer dapat melihat histori penjualan dan persedian dengan tepat dan akurat.

Pada hasil uji tingkat kesalahan (error) menggunakan metode trend momentnilai dari erroryang dihasilkan lebih sedikit. Dengan nilai errormetode trend momentuntuk barang lemari dengan MAPE sebesar 3%, meja besar dengan MAPE sebesar 3%, meja kecil dengan MAPE sebesar 2%, kursi besar dengan MAPE sebesar 3% dan kursi kecil dengan MAPE sebesar 3%.

Published
2018-08-31