PENERAPAN METODE TREND MOMENT DAN SINGLE EKSPONENTIAL SMOOTING PADA PERAMALAN PENJUALAN BARANG DI WT JAYA PRODUCTION

  • Eka Larasati Amalia 3 Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Yoppy Yunhasnawa Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Wahyu Candra Krisna Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang

Abstract

WT Jaya Production adalah perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang penjualan alat – alat dapur. Terkadang permintaan yang banyak dari pelanggan mengakibatkan WT Jaya Production mengalami kekurangan stok, hal ini mengakibatkan hilangnya peluang untuk mendapatkan keuntungan. Salah satu yang dapat dilakukan pihak manajemen perusahaan adalah melakukan peramalan jualan (sales forecasting) menggunakan metode metode Trend Momentdan Single Eksponential Smooting

Metode Trend Momentadalah metode peramalan yang tidak perlu menentukan jumlah data harus genap maupun ganjil karena menggunakan parameter X yang selalu dimulai dengan 0. Metode Single Eksponential Smootingadalah metode yang digunakan untuk peramalan jangka pendek, metode ini lebih cocok digunakan untuk meramal data-data yang acak.

Dari hasil uji tingkat kesalahan (error) diketahui bahwa metode single eksponential smootinglah yang baik karena nilai rata-rata erroryang dihasilkan lebih sedikit di banding metode trend moment,dengan nilai rata-rata errormetode single eksponential smootinguntuk  barang serok kecil dengan MAD sebesar 452, MSE sebesar 240.346, dan MAPE sebesar 103%, serok tanggung dengan MAD sebesar 331, MSE sebesar 126.066, dan MAPE sebesar 41%, serok besar dengan MAD sebesar 209, MSE sebesar 55.234, dan MAPE sebesar 30%, serok jumbo dengan MAD sebesar 102, MSE sebesar 16.065, dan MAPE sebesar 25%.

Published
2018-08-31