DATA MINING POLA DATA PENJUALAN PADA PT. GRESIK CIPTA SEJAHTERA DENGAN FUZZY C-COVERING

  • Ariadi Retno Tri Hayati Ririd
  • Yushintia Pramitarini 3Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Kirana Ayu Diah 3Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Kesulitan dalam menganalisis data transaksi penjualan sering dihadapi suatu perusahaan karena banyaknya jumlah data dan keterbatasan alat pengolah data. Hal tersebut mengakibatkan kerugian pada perusahaan karena kesulitan dalam memperkirakan jumlah barang yang harus disediakan untuk penjualan berikutnya.. Pada penelitian ini, penulis merancang suatu aplikasi data mining untuk menganalisis data transaksi penjualan. Market basket analysismerupakan salah satu aplikasi data mining yang bertujuan untuk menentukan produk-produk yang paling sering dibeli atau digunakan oleh para konsumen dengan menggunakan algoritma Fuzzy C-Covering, yaitu suatu metode untuk mengklasifikasikan elemen-elemen dari suatu himpunan universalmenjadi partisi-partisi berupa fuzzysets. Pada pengujiannya, peneliti mengumpulkan data-data transaksi penjualan dari perusahaan yang dibeli dalam 4 tahun terakhir. Data yang didapat diubah ke bentuk yang dapat diolah oleh program. Kemudian sebuah algoritma dibuat untuk mengolah data tersebut dengan tujuan menghasilkan association ruledari item-item dalam transaksi. Ruleyang didapatkan dapat ditampilkan dalam bentuk tabel ataupun grafik. Dengan menggunakan outputdari program ini dapat diketahui tingkat asosiasi antar item yang berguna untuk membantu pihak perusahaan dalam menentukan kebijakan pemasaran. Hasil dari penelitian ini adalah semakin besar minimum supportmaka semakin kecil kemungkinan suatu itemuntuk lolos sehingga semakin sedikit itemyang dapat dikombinasikan. Semakin tinggi maximumitemthresholdmaka semakin tinggi juga supportyang dihasilkan tanpa mempengaruhi confidence.

Published
2018-08-31