PENGEMBANGAN SISTEM PENGELOMPOKAN SEKOLAH PENDIDIKAN SMP MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS

  • Dwi Puspitasari Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro yang merupakan sebuah instansi penggerak pendidikan di wilayah Bojonegoro yang kemudian dalam mengukur mutu atau kualitas sekolah - sekolah yang ada di Kabupaten Bojonegoro yaitu berdasarkan Standart penilaian pendidikan dan Standart pengelolaan yang berupa Nilai ujian nasional, Nilai ujian sekolah, dan Akreditasi sekolah, namun mengingat banyaknya jumlah Sekolah Menengah pertama atau sederajatnya yang ada di Kabupaten Bojonegoro, nilai ujian nasional, ujian sekolah serta nilai akreditasi sekolah dari tiap-tiap sekolah yang tidak seragam tentu pihak Dinas akan kesulitan dalam mencari dan memilah tiap-tiap sekolah berdasarkan karakteristik tersebut. Penelitian ini membahas tentang penerapan data mining menggunakan algoritma K-Means untuk menghasilkan profil yang memiliki atribut yang sama, atribut atau parameter yang digunakan adalah rata-rata nilai setiap sekolah dari nilai NUN, nilai UAS serta nilai Akreditasi Sekolah. Dengan menghasilkan cluster sejumlah 4 (k=4) dengan cluster0 sebanyak 3 data, cluster1 sebanyak 12 data, cluster2 sebanyak 30data dan cluster3 sebanyak 7 data. Dimana dengan menggunakan jumlah kluster k = 4 ini menghasilkan nilai SSE = 1941,052945 dengan Selisih = 1137,783854, hal ini menunjukan nilai SSE paling rendah dengan selisih paling besar yaitu jumlah kluster dengan jumlah 4 dimana cluster yang ideal untuk melakukan clustering Sekolah Pendidikan SMP.

Published
2018-08-31