SISTEM RATING OTOMATIS JASA PENGIRIMAN BARANG NASIONAL

  • Usman Nurhasan
  • Indah Putri Hidayati

Abstract

Perkembangan jual beli online dimana penjual dan pembeli tidak harus bertemu di tempat yang sama menjadikan jasa pengiriman barang sebagai salah satu jasa yang sering dibutuhkan oleh masyarakat. Barang dari penjual hanya perlu dikirimkan melalui jasa pengiriman barang untuk bisa diterima oleh pembeli. Sehingga kedua pihak membutuhkan jasa pengiriman barang yang memiliki kualitas terbaik dibandingkan penyedia jasa serupa lainnya. Dewasa ini masyarakat dapat dengan mudah menuliskan pengalamannya menggunakan jasa pengiriman barang di internet misalnya melalui sebuah blog. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan Sistem Rating Otomatis Jasa Pengiriman Barang Nasional. Dengan mengambil konten blog tersebut dilakukan dengan menggunakan metode adjective based rating system melalui perhitungan antonim sinonim sehingga menghasilkan rating untuk jasa pengiriman barang dalam blog tersebut. Dengan rating ini bisa memberikan informasi manakah jasa pengiriman yang lebih baik.

 

Kata kunci : sistem rating otomatis, jasa pengiriman barang, adjective based rating system.

Published
2018-08-31