PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT KELINCI BERBASIS ANDROID

  • Tomasila Fabiola Ester Teknik Informatika, Teknologi Informasi, 3 Politeknik Negeri Malang
  • Dyah Ayu Irawati Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Yan Watequlis Syaifudin

Abstract

Kelinci adalah hewan mamalia yang banyak dipelihara oleh manusia. Sering kali kelinci diserang penyakit karena berbagai macam faktor. Banyak pemelihara atau peternak kelinci yang panik ketika kelincinya terserang penyakit. Seiring dengan perkembangan dunia teknologi informasi, teknologi ini juga sering dipakai manusia untuk memecahkan permasalahan seperti diagnosa kesehatan. Aplikasi yang sdigunakan dalam kebutuhan ini adalah sisten pakar.Berdasarkan survey dari We Are Social mengenai data jumlah pengguna mobile di Indonesia termasuk besar.

Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan suatu aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit kelinci berbasis androidmenggunakan metode Naïve Bayes untuk menentukan penyakit dan Certainty Factoruntuk nilai kepercayaan dari penyakit tersebut dengan menggabungkan nilai kepercayaan userdan pakar.

Pengujian terhadap aplikasi dilakukan dengan menggunakan 65 data learningdan 160 data learninguntuk menguji metode naïve bayes. Untuk menguji metode certainty factormenggunakan nilai CF user1 dan variasi. Hasil kesesuaian dengan data sample yang di dapat untuk 65 data learning  yaitu 53%, sedangkan 160  data learningyaitu 80%. Dengan metode naïve bayesdapat disimpulkan semakin banyak data learning, maka semakin baik dan semakin akurat sistemnya. Hasil kesesuaian dengan data testingyang di dapat dari nilai CF userbervariasi yaitu 53% sesuai, 13% tidak sesuai, 33% mendekati. Hasil kesesuaian dengan data sample yang di dapat dari nilai CF user 1 yaitu 53% sesuai, 40% tidak sesuai, 7% mendekati. Dengan metode certainty factor  dapat disimpulkan bahwa perbedaan nilai inputan user mempengaruhi hasil nilai CF secara keseluruhan

Published
2018-08-31