PENGEMBANGAN GAME 2D “MOOTEE” MENGGUNAKAN METODE AHP

  • Dyah Ayu Irawati Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Mungki Astiningrum Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Aulia Rachmannisa Diwantari Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Penyuluhan mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut telah banyak dilakukan di Indonesia terutama untuk kalangan anak-anak. Hal tersebut diharapkan dapat menanamkan kebiasaan baik sejak kecil. Namun, selama proses penyuluhan masih terdapat beberapa anak yang tidak memperhatikan bahkan masih kurang peduli dengan hal tersebut.

Perkembangan teknologi saat ini sangat mempengaruhi kehidupan manusia di segala aspek. Salah satunya dalam dunia game. Gamemerupakan media yang banyak diminati oleh berbagai pihak, mulai dari anak-anak, remaja, dan dewasa. Gameedukasi disini bertujuan untuk memberikan sebuah informasi yang memanfaatkan game tersebut dalam penyampaiannya agar lebih menarik dan mudah dipahami.

Penelitian ini, akan menjabarkan mengenai penerapan Metode AHP untuk game 2D “MooTee”. Metode AHP akan diimplementasikan untuk menentukan tingkah laku bos musuh dalam permainan. Setelah playerberhasil mengalahkan musuh kecil dan besar, ditiap akhir level akan muncul bos musuh. Berdasarkan perilaku atau dampak yang ditimbulkan oleh playerdalam mengalahkan musuh, maka sistem akan memilih tindakan yang dinilai paling efektif untuk menyerang maupun bertahan menghadapi player. Penentuan tindakan musuh inilah yang akan menjadi masalah yang akan diselesaikan dengan metode AHP.

            Hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode AHP pada bos musuh dapat meningkatkan ketertarikan pemain untuk maju ke level berikutnya. Dan dengan adanya metode tersebut, pemain menjadi lebih merasa tertantang dalam memainkan permainan tersebut.

Published
2018-08-31