GAME EDUKASI 2D PLATFORMER “PENGENALAN HABITAT HEWAN” BERBASIS ANDROID

  • Dyah Ayu Irawati Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Indra Dharma Wijaya Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Zainul Syaifudin Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Habitat adalah tempat bagi suatu spesies untuk tinggal dan berkembang biak. Umumnya habitat adalah lingkungan yang mengelilingi populasi suatu spesies yang mempengaruhi dan dimanfaatkan oleh spesies tersebut. Saat ini metode pengajaran masih menggunakan metode edukasi konvensional yang dimana untuk visualisasi masih terbilang tertinggal dengan game edukasi. Karena adanya animasi, warna-warna cerah, bentuk yang komunikatif dan menyenangkan yang dapat meningkatkan daya ingat sehingga anak dapat menyimpan materi pelajaran dalam waktu yang lebih lama.

Dalam pembuatan game ini metode yang mendukung untuk mengatur tingkah laku bos musuh yaitu menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) berdasarkan kesehatan player, jarak antara musuh dengan player dan kesehatan bos musuh. Dalam game ini juga terdapat enemy berupa pencuri yang akan mucul secara acak menggunakan metode Fisher-Yates Shuffle.

Hasil dari penelitian game “Pengenalan Habitat Hewan” ini dapat memberikan pengalaman belajar mengenai hewan apa saja yang tinggal dalam suatu habitat dan penjelasan singkat tentang hewan tersebut seperti makanan ataupun cara berkembang biak hewan tersebut. Sehingga membuat game lebih menarik untuk dimainkan dan membuat siswa lebih semangat serta tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Penerapan metode Simple Additive Weighting pada game dapat memberikan kecerdasan buatan pada game dan metode Fisher Yates Shuffle dapat meminimalkan kemunculan dari enemy pencuri yang sama dalam game.

Published
2018-08-31