RANCANG BANGUN GAME ARCADE 2D COCY THE LEUCOCYTE SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SISTEM SEL DARAH PUTIH

  • Yudha Kukuh Aditya Jurusan Teknologi Informasi, Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Dyah Ayu Irawati Jurusan Teknologi Informasi, Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Indra Dharma Wijaya Jurusan Teknologi Informasi, Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Sel darah putih, atau disebut Leukosit, merupakan komponen sel dari darah yang tidak memiliki hemoglobin, memiliki inti, mampu bergerak, dan membela tubuh terhadap infeksi dan penyakit dengan mencerna bahan asing dan puing-puing sel, dengan menghancurkan infeksi dan sel kanker, atau dengan memproduksi antibodi. Materi pelajaran mengenai Sel darah putih diperkenalkan di Sekolah Menegah Atas pada mata pelajaran Biologi. Namun paradigma pelajar pada mata pelajaran tersebut tidak baik karena menganggap materi yang diajarkan terlalu rumit, luas, dan cenderung banyak hapalan. Untuk memperkenalkan bermacam-macam sel darah putih dibuat sebuah game menggunakan Finite State Machine (FSM) sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi). Sebagai sebuah metodologi perancangan sistem kontrol, penerapan FSM telah banyak diterapkan pada perangkat lunak, khususnya pada game. Metode FSM dapat diterapkan untuk perpindahan kondisi yang pasti dan sangat mudah diterapkan pada game “Cocy the Leucocyte”. Game ini merupakan sebuah game berbasis mobile dengan genre simulasi arcade dan menggunakan grafis 2 dimensi. Pengembangan game ini menggunakan game engine Unity3D dan bahasa pemrograman C#(Sharp). berdasarkan hasil Survey 10 Responden yang telah dipilih secara acak hasil dari penelitian ini adalah terealisasinya suatu game sebagai media pengenalan sel darah putih yang edukatif dan efektif menjalankan fungsinya sebagai media pengenalan system sel darah putih dengan media game  dengan menerapkan metode finite state machine untuk menentukan respon karakter non-player character yang berbeda berdasarkan dari interaksi yang dilakukan oleh pemain.

Published
2018-08-31