RANCANG BANGUN GAME EDUKASI “SAVIOR OF PHOTOSYNTHESIS” 2D DENGAN FUZZY

  • Bahris Anugrah Ryan Kusuma Jurusan Teknologi Informasi, Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Ahmadi Yuli Ananta Jurusan Teknologi Informasi, Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Hendra Pradibta Jurusan Teknologi Informasi, Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Anak dalam usia pertumbuhan dan perkembangan yang pesat ini, harus dibiasakan dan dilatih untuk belajar mengenai dunia luar yang luas. Dalam hal ini, pengawasan orang tua sangat penting. Perlunya media yang dapat meningkatkan ketertarikan anak terhadap pentingnya pendidikan tentang pengetahuan alam, fotosintesis.Salah satunya dengan merancang game sebagai media alternatif edukasi, dikarenakan gamesangat familiar pada anak-anak. Salahsatupenerapanmetodeyangdigunakandalamgameiniyaitu Logika fuzzy digunakan untuk mengatur perilaku NPC (Non-Playable Character) sebagai cabang kecerdasan buatan. Dalam game ini metode fuzzy sugeno memiliki input jarak, kesehatan dan amunisi. Dengan variabel output perilaku kabur, bertahan dan menyerang. Penerapan fuzzy pada NPC menunjukan bahwa tingkat keberhasilan menentukan perilaku sebesar100%.

Published
2018-08-31