SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN CALON KARYAWAN BARU POSISI CALL CENTER 147 MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE(Studi Kasus PT.Infomedia Solusi Humanika(Telkom Group))

  • Arief Prasetyo Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Dyah Ayu Irawati Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Dandy Fandrian P Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Keberhasilan sebuah perusahaan tentu saja tak lepas dari peran serta karyawan sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjalankan segala macam aktifitas demi kemajuan tempatnya bekerja. Oleh karena itu, untuk mendapatkan karyawan yang memenuhi standar kualitas tertentu harus dilakukan dengan upaya rekruitmen yang efektif. Perusahaan tersebut harus teliti dan berhati – hati dalam menyeleksi dan memilih calon karyawan karena kemajuan perusahaan bergantung pada seberapa produktifitasnya karyawan yang telah diterima. Sistem seleksi yang efektif pada dasarnya memiliki tiga sasaran yaitu keakuratan, keadilan dan keyakinan. Metode-metode yang akan dilakukan dalam seleksi karyawan yaitu tinjauan data biografis, tes-tes kemampuan, ujian-ujian penampilan, referensi-referensi, evaluasi kinerja, wawancara, pusat-pusat penilaian dan masa percobaan. Dalam tahap seleksi tidak boleh dilakukan dengan sistem keluarga, pemberian komisi atau dengan kata lain suap menyuap permasalahan ini terjadi di PT.Infomedia Solusi Humanika(Telkom Group)

Berdasarkan permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah Sistem Pendukung keputusan pemilihan karyawan di PT.Infomedia Solusi Humanika(Telkom Group). Sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode Promethee.  Dimana kriteria yang digunakan dalam metode ini yaitu pemilihan berkas lamaran dan kriteria seleksi tes tertulis untuk masing – masing jabatan di PT.Infomedia Solusi Humanika.

Published
2018-08-31