APLIKASI UNTUK MENGUKUR JARAK ANTARA ANGGOTA TOURING YANG TERTINGGAL MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOUR

  • Budi Harijanto Teknologi Informatika, Teknik Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Putra Prima Arhandi Teknologi Informatika, Teknik Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Anissa Putri Pramitasari Teknologi Informatika, Teknik Informasi, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Touringmerupakan aktivitas berkendara secara bersama-sama dari suatu tempat menuju ke tempat yang lain. Komunitas touring juga semakin banyak, namun masih banyak permasalahan yang ditemukan saat melakukan aktivitas touringtersebut, salah satunya adala komunikasi antara member touring. Pada era teknologi saat ini sangat dimungkinkan dibangun sistem aplikasi touring.

            Pada paperini akan membahasimplementasi metode K-Nearest Neighbourpada perancangan aplikasi pendukung touringberbasis mobileserta memiliki sifat contextual awareness. Adapun aplikasi yang dibangun adalah sistem operasi android. Contextual awarenessadalah dimana sistem dibangun tersebut nantinya dapat memiliki kepekaan terhadap lingkungannya tanpa inputan langsung dari pengguna sistem.

            Dengan demikian aplikasi touring yang dirancang adalah seluruh anggota yang akan melaksanakan aktifitas touringakan terhubung didalam satu sistem aplikasi android. Sehingga dengan menerapkan metode K-Nearest Neighbourdan bantuan Teknologi Global Positioning System (GPS) maka ketika ada anggota touringyang tertinggal jauh atau salah jalur, sistem akan mengklasifikasi anggota touringtersebut sebagai kelompok yang tertinggal dari anggota lainnya atau salah jalur. Kemudian sistem akan memberikan notifikasi alarm kepada admin/ sweepersebagai penjaga jalur.

Published
2018-08-31