Pengembangan Game Penyelamatan Hewan – hewan yang Terancam Punah Menggunakan Metode FSM (FINITE STATE MACHINE) dan Metode Fuzzy Logic

  • Budi Harijanto Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Arie Rachmad Syulistyo Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Girindra Wikrama Wijaya

Abstract

DiIndonesia terdapat berbagai jenis hewan langka. Kelangkaan hewan ini dapat disebabkan oleh proses evolusi atau alami. Namun, kelangkaan tersebut dapat juga disebabkan oleh maraknya pencurian dan penyelundupan terhadap hewan – hewan yang terancam punah yang dilakukan hanya untuk kebutuhan pribadi manusia. Hal ini dapat berakibat pada langka nya berbagai jenis hewan, ini adalah dampak buruk bagi kelestarian alam semesta. Saat ini anak – anak sangat gemar bermain game. Dari kegemaran anak – anak bermain game dibuatlah sebuah game bertema penyelamatan hewan – hewan yang terancam punah sebagai media pembelajaran bagi anak – anak. Agar mereka dapat mengetahui tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan mahluk hidup. Dalam pembuatan game ini diperlukan suatu metode, metode yang digunakan adalah FSM (Finite State Machine), metode ini digunakan untuk menentukan alur misi dari berbagai state yang dilakukan oleh pemain. Dan agar game ini tidak membosankan, maka dibuatlah sebuah tantangan khususnya saat melawan NPC (Non Player Character) dengan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto, metode ini diterapkan ke dalam NPC (Non Player Character).

Published
2018-08-31