RANCANG BANGUN GAME FIGHTING 2D “THE HISTORY OF GAJAH MADA” BERBASIS ANDROID

  • Cahya Rahmad Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Ahmadi Yuli Ananta Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Akhmad Kamaluddin Romdhoni Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Game Fighting2D “The History ofGajah Mada” Menceritakan sejarah Gajah Mada menghadapi pemberontakan yang di lakukan Dharmaputra ke Majapahit, serta bagaimana pengaruh perjuangan Gajah Mada dalam mewujudkan Majapahit tetap utuh untuk disampaikan agar lebih menarik kepada masyarakat luas khususnya para pelajar. Game “The History of Gajah Mada” merupakan salah satu game yang dimana player berperan sebagai karakter Gajah Mada, yang melawan Ra Kuti dan Ra Tanca yang merupakan anggota dari Dharmaputra.

Game fightingsendiri adalah salah satu genre game yang dimana seorang pemain mengendalikan salah satu karakter dan bertarung dengan jarak dekat dengan seorang lawan. Game ini di buat dengan menggunakan metode N-Gramuntuk menghasilkan kecerdasan buatan yang dapat menentukan pergerakan lawan atau yang di sebut dengan NPC (Non-player Character). N-gramadalah metode kecerdasan buatan untuk memprediksi gerakan pemain, pemain akan melakukan tindakan seperti gerak maju, mundur, lompat, jongkok, memukul dan menendang. Sehingga metode N-gramsangat cocok untuk di implementasikan pada game bergenre fighting.

Hasil dari penelitian gameThe History ofGajah Mada” ini dapat memberikan pengalaman belajar mengenai bagaimana cara untuk menjaga kelestarian budaya agar cerita sejarah Gajah Mada tidak dilupakan dan menarik untuk dimainkan. Penerapan metode N-Gram pada gamedapat menghasilkan kecerdasan buatan yang aktif dan bertingkah laku yang berbeda pada setiap pertarungan pada gameini. Sehingga dapat menciptakan suasana gameyang aktif karena pemain tidak bisa memprediksi apa yang akan dilakukan oleh kecerdasan buatan tersebut.

Published
2018-08-31