SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT AYAM PULLET MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER

  • Dimas Wahyu Wibowo Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Annisa Taufika Firdausi Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Muhammad Putra Pradana Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membuat sistem pakar yang mampu melakukan diagnosa penyakit pada ayam pullet berdasarkan pengetahuan yang diberikan langsung dari pakar. Ayam pullet merupakan ayam yang dipelihara di umur 0-16 minggu. Berdasarkan kebutuhan nutrisi, pullet terbagi dua yaitu starter (0-5 minggu) dan grower (6-16 minggu).

Sistem diagnosa penyakit ayam pullet menggunakan metode dempster shafer. Metode ini dianggap mampu untuk memberikan tingkat kepastian yang tinggi. Selain itu juga dapat menghasilkan probabilitas atau prosentase dari penyakit yang mungkin diderita. Sistem ini dibuat bagi para peternak untuk melakukan diagnosa penyakit yang menyerang ayam ternaknya dengan memasukkan gejala berdasarkan gejala yang dialami oleh ayam. Sistem ini dapat memberikan informasi tentang penyakit yang diderita oleh ayam dan cara penanganannya.

Penelitian ini telah diuji dengan memberikan kuisioner kepada calon pengguna sistem. Berdasarkan pemberian kuisioner menunjukkan bahwa sistem sangat berguna dalam membantu peternak untuk mendiagnosa penyakit pada ayam pullet.

Published
2018-08-31