PENGEMBANGAN SISTEM KLASTERISASI WILAYAH RT/RW DI KECAMATAN SUMBERPUCUNG BERDASARKAN WABAH PENYAKIT

  • Clala Santa Meiressa
  • Imam Fahrur Rozi
  • Luqman Affandi

Abstract

Kecamatan Sumberpucung merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak penduduk yang terbagi dalam beberapa desa hingga RT/RW. Dengan jumlah penduduk sekitar 55.142 jiwa. Dengan kondisi sosial, ekonomi serta kesehatan yang berbeda-beda. Dengan perbedaan kondisi kesehatan yang diderita oleh penduduk di Kecamatan Sumberpucung ini menyulitkan para petugas puskesmas untuk memberikan penyuluhan terkait wabah penyakit yang banyak diderita oleh penduduk di Kecamatan Sumberpucung.

 Pada penelitian ini dibuat sebuah sistem klasterisasi wilayah RT/RW di Kecamatan Sumberpucung dengan menggunakan metode k-means berdasarkan data yang didapat dari Puskesmas Sumberpucung yang kemudian hasilnya dapat mengelompokkan wilayah RT/RW yang diserang wabah penyakit paling tinggi untuk selanjutnya dapat dijadikan bahan atau dasar penyuluhan kesehatan oleh petugas Puskesmas Sumberpucung dengan judul “Pengembangan Sistem Klasterisasi Wilayah RT/RW Di Kecamatan Sumberpucung Berdasarkan Wabah Penyakit”.

Melalui aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah kerja petugas Puskesmas Sumberpucung untuk secara mudah memonitoring wilayah RT/RW di Kecamatan Sumbepucung mana saja yang memiliki wabah penyakit paling tinggi.

 

Kata kunci : Wilayah RT/RW, Data Mining, K-Means, Clustering

Published
2018-08-31