SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU DI LEMBAGA PENDIDIKAN AL FALAH ASSALAM WARU SIDOARJO DENGAN METODE FUZZY TSUKAMOTO

  • Dimas Wahyu Wibowo Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Odhitya Desta Triswidrananta Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Hafidh Iman Nofandi Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Setiap sektor pendidikan diharapkan dapat memanfaatkan teknologi informasi sebagai penunjang kegiatan operasional dalam menghasilkan suatu informasi. Sekolah Dasar Al Falah Assalam Waru Sidoarjo adalah salah satu yayasan lembaga pendidikan swasta yang dahulu menggunakan sistem perhitungan manual untuk penerimaan siswa baru dan untuk proses pendaftaran masih menggunakan formulir dan pendaftar langsung mengisi formulir tersebut untuk di kembalikan ke sekolah. Kemudian data yang sudah ada di formulir, di rekap kembali di Microsoft Excel sebagai rekapan Database yang memiliki 5 kriteria antara lain : Nilai Akademis, Nilai Motorik, Nilai Aveksi, Usia, dan Gaji Orang Tua. Hal ini sangat riskan apabila data yang di tulis kurang jelas atau tidak valid  Serta kurang ringkas, karena terdapat dua kali kerja dalam sistem tersebut.

Tujuan dari penelitian ini membuat aplikasi ini memudahkan pendaftaran di Sekolah Dasar AL Falah Assalam Waru Sidoarjo dan penyeleksian siswa baru menggunakan aplikasi berbasis web. Aplikasi web yang digunakan diharapkan dapat membantu proses seleksi dengan mudah dan dengan tingkat keakurasian yang tinggi menurut kriteria yang telah ditentukan. Metode Fuzzy Tsukamoto ini dipilih dikarenakan ada beberapa kelebihan antara lain konsep logika Fuzzy mudah dimengerti, logika Fuzzy sangat fleksibel, logika Fuzzy memiliki toleransi terhadap data-data yang tidak tepat, dan memiliki tingkat keakurasian yang tinggi. Cara Kerja Logika Fuzzy Tsukamoto, dalam inferensinya, metode Tsukamoto menggunakan tahapan antara lain Fuzzyfikasi, Pembentukan basis pengetahuan Fuzzy (Rule), Mesin Inferensi, Defuzzyfikasi, dengan menggunakan metode rata – rata (Averge)  Z =∑  (∝.Z)/∝  dimana α = alpha predikat (nilai minimal dari nilai derajat kenggotaan), Zi = nilai Crisp yang didapat dari rumus derajat keanggotaan himpunan Fuzzy yang merupakan nilai output, dan Z = Defuzzyfikasi rata-rata terpusat (Center Average Defuzzyfier). maka hasil perhitungan yang efisien dan hasil penerimaan siswa yang mencapai prosentase keakuratan data asli dengan data yang dihasilkan oleh aplikasi yaitu 96.8%.

Published
2018-08-31