GAME EDUKASI “STORY OF SRI TANJUNG” CERITA SEJARAH PADA RELIEF CANDI PENATARAN

  • Ekojono Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Indra Dharma Wijaya Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Ravindra Faizarnoor Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Majapahit merupakan sebuah kerajaan yang pernah berdiri di Indonesia sejak tahun 1293 sampai dengan 1500 Masehi dan berpusat di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Peninggalan Kerajaan Majapahit yang tersisa saat ini adalah candi-candi dengan cerita sejarahnya. Salah satu candi peninggalan kerajaan majapahit yang ada saat ini yaitu Candi Penataran. Candi Penataran memiliki beberapa kisah yang ada pada relief, salah satunya relief cerita Sri Tanjung yang dipahatkan pada dinding pendopo teras sisi barat.

Dalam gameini metode yang mendukung untuk mengatur tingkah laku musuh yaitu menggunakan metode Logika Fuzzyberdasarkan kesehatan player, jarak antara musuh dengan player, dan juga kesehatan bos musuh. Pada gameini terdapat misi mengambil obat, mengumpulkan koin koin dan membunuh musuh yg akan muncul secara acak dengan menggunakan metode fisher-yates shuffle.

Hasil dari penelitian game“Story of Sritanjung” ini dapat memberikan  pengalaman belajar mengenai bagaimana cara untuk menjaga kelestarian budaya agar cerita sejarah candi penataran tidak dilupakan dan menarik untuk dimainkan. Penerapan Logika Fuzzy pada gamedapat memberikan kecerdasan buatan pada gamedan Fisher-yates Shuffledapat meminimalkan kemunculan musuh yang sama dalam game.

Published
2018-08-31