RANCANG BANGUN GAME BALAP UNTUK PENGGUNA SEPEDA STATIS BASIS KINECT

  • Ekojono Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Mungki Astiningrum Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Zainul Hasan Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat utama untuk menjaga kesehatan seseorang. Olahraga sangat dimungkinkan untuk menjaga badan dari masalah penyakit dan stress yang dimana sekarang banyak sekali orang yang bosan untuk berolahraga diantaranya seperti olahraga sepeda statis yang sudah jarang digunakan sehingga dikenalkan kepada pengguna sepeda statis agar tidak membosankan berolahraga, salah satunya adalah dengan menggunakan gamebalap dan melibatkan aktivitas tubuh. Pada penelitian ini, pembuatan gamebalap menggunakan teknologi kinectyang melibatkan aktivitas tubuh dan untuk mengurangi kebosanan bagi pengguna sepeda statis. Gameini dirancang dalam bentuk objek 3D dan dilengkapi dengan metode Waypointdan Trigger Detectiondalam penentuan jalur musuh serta sensor pemicu (trigger) untuk menghindari tabrakan. Pada gameterdapat misi untuk mengambil koin dimana kemunculan dilakukan pengacakan menggunakan metode Fisher Yates Shuffle. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Waypointdan Trigger Detectionini pun dirasa telah dapat berjalan dengan baik dalam Game “Sport Racing”. Serta implementasi Fisher Yates Shuffleuntuk pengacakan koin juga berjalan dengan baik Sesuai hasil dari 5 responden gameini memenuhi kepuasan usersebanyak 80%.

Published
2018-08-31