SISTEM PEMILIHAN PEMBELIAN LAPTOP PADA E–COMMERCE MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

  • Luqman Affandi Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Hendra Pradibta Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Anggan Dharmawan Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi mobile saat ini menjadikan jenis dan merk laptop semakin banyak. Dengan banyaknya merk laptop saat ini membuat user yang ingin membeli laptop merasa bingung untuk menentukan laptop mana yang sesuai dengan kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini menerapkan metode weighted productpada sistem pendukung keputusan pemilihan pembelian laptop sehingga dapat mempermudah usermengambil keputusan dalam membeli laptop sesuai dengan kebutuhan.

E-Commercemerupakan transaksi jual beli yang dilakukan secara online. Sistem pendukung keputusan pemilihan pembelian laptop dapat memberikan informasi tentang spesifikasi laptop, sebagai informasi dalam melakukan perbandingan dan pembelian laptop. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, sistem yang dibuat mampu memberikan hasil yang baik sesuai dengan perhitungan yang digunakan, membantu mempercepat dalam mengambil keputusan. Hasil dari perhitungan ini memberikan saran laptop sesuai dengan kebutuhan spesifikasi untuk calon pembeli dengan tingkat akuratan perhitungan 99.99% berdasarkan perhitungan manual dan perhitungan pada sistem pendukung keputusan pemilihan pembelian laptop pada e-commercedengan menggunakan metode Weighted product.

Published
2018-08-31