IMPLEMENTASI METODE FUZZY DAN FSM PADA GAME LEGEND OF DAMARWULAN

  • Helmi Widya Yusriansyah D-IV Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Budi Harijanto D-IV Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Annisa Taufika Firdausi D-IV Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Cerita rakyat yang dulu lahir dan tumbuh dalam masyarakat sendiri perlahan hilang atau dilupakan karena tak ada pola pewarisan yang efektif dan kreatif. Pola kreatif yang terasa kurang adalah perhatian dari orang tua untuk mendongeng atau bercerita pada anak. Di dalam era globalisasi ini perkembangan teknologi menjadi semakin pesat di berbagai bidang, salah satunya adalah didalam bidang permainan. Dimana anak-anak cenderung menggunakan gadget untuk bermain daripada belajar. Didalam permainan tersebut tentunya banyak sekali tokoh superhero dari luar negeri maupun karakter dalam komik manga dari pada tokoh-tokoh asli Indonesia.

            Atas dasar permasalahan  ini maka dibuatlah sebuah game "Legend of Damarwulan" yang dapat menjadi hiburan sekaligus sebagai media pembelajaran generasi muda dalam mempelajari dan mengingat sejarah tokoh asli Indonesia. Dalam membangun game ini mencoba untuk menerapkan Metode Fuzzy Logic untuk skoring dan Metode Finite State Machine untuk menentukan NPC(Non Playable Character) pemain dengan mengunakan beberapa variabel yang ada sehingga dapat memberikan skor yang relevan.

Published
2018-08-31