SISTEM PENDATAAN RAMBU & PENCARIAN RUTE TERPENDEK DISHUB KOTA MALANG MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA

  • Dony kurniawan Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Eka Larasati Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Mustika Mestari Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Sebagai pelaksana pemerintah di bidang transportasi, Dinas perhubungan kota Malang bertugas dalam pengaturan dan pengembangan tata kelola dan rekayasa lalulintas di kota Malang. Hal ini menjadi tugas utama bagi bidang lalu lintas terkait pengaturan tentang rambu yang sudah terpasang maupun yang memerlukan perbaikan

 Data rambu serta pendukung jalan yang dimiliki dishub kota Malang masih kurang efisien karena survey dan pencatatan masih di lakukan secara manual untuk mencatat semua hasil dalam Microsoft Excel.Jika ada perintah pemasangan rambu atau perbaikan rambu, penentuan lokasinya masih menggunakan nama jalan di mana rambu tersebut di pasang, yang mana cara ini menyita cukup banyak waktu dan kurang efisien.

Diperlukan sebuah program yang mampu mendata rambu yang ada secara efisien dengan penentuan lokasi rambu yang tepat. Oleh sebab itu di kembangkan sebuah aplikasi yang mampu memberikan informasi mengenai lokasi rambu yang akan dituju dan bisa mengoptimalkan pencarian rute terpendek dengan menggunakan Algoritma Dijkstra.

Algoritma Dijkstramemilih sisi dengan bobot terkecil yang terhubung antar simpulnya yang sudah terpilih dengan simpul lain yang di inginkan.

Uji coba aplikasi dilakukan dari dishub kota Malang Jl. Raden Intan menuju traffic light di Jl. Letjen S Parman, dengan menggunakanAlgoritma Djikstraterbukti bisa melakukan pencarian jalur terpendek melalui traffic lightyang berada di Jl. Jendral Ahmad Yani Utara, menuju traffic light  Jl. Borobudur menuju traffic lightyang berada di Jl. Letjen S Parman dekat SPBU Ciliwung.

Published
2018-08-31