GAME EDUCATION TEBAK GAMBAR HEWAN VERTEBRATA DAN INVERTEBRATA BERBASIS ANDROID

  • Usman Nurhasan Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Putra Prima Arhandi Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Bagus Purnomo Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Game  Education Tebak Gambar Hewan Vertebrata dan Invertebrata merupakan game  yang memanfaatan teknologi pada smartphone sebagai media pembelajaran yang dapat diterapkan pada smartphone android. Program atau aplikasi permainan (game ) merupakan perpaduan antara sains dan seni, yang memiliki potensi dalam memperkenalkan budaya, ide, pendidikan dan kreativitas. salah satunya adalah pengenalan nama-nama hewan yang ada di darat maupun di laut termasuk dalam golongan vertebrata dan invertebrate.

Pada pembuatan game  ini di tambahkan algoritma yang berfungsi untuk pengacakan soal didalam permainan, Algoritma yang di gunakan yaitu Algoritma Multiplicative Congruential Random Number Generator (CRNG), dan dibangun pada platform Android. Apliksi game  ini diujikan pada perangkat mobile yang menggunakan platform android. Algoritma Multiplicative CRNG adalah algoritma pembangkit bilangan acak yang baik karena tidak membangkitkan bilangan yang sama secara berturut-turut. Aplikasi game  ini ini juga dibangun untuk permainan edukasi dengan menambahkan pembelajaran pengenalan tetang makanan hewan dan kelas-kelas hewan di dalamnya. Hasil uji coba penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa algortima  Multiplicative CRNG dapat diimplementasikan pada “Game  Education Tebak Gambar Hewan Vertebrata Dan Invertebrata Berbasis Android” sebagai pencarian solusi dan pengacakan soal di dalam permainan. Selain itu game  education dapat membantu siswa-siswi Sekolah Dasar maupun Madrasah Ibtidaiah dalam belajar mengingat dan menghafal nama hewan, makanan, dan kelas-kelasnya.

Published
2018-08-31