PENGEMBANGAN FIGHTING GAME DENGAN TOKOH PAHLAWAN INDONESIA

  • Ridwan Rismanto Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Putra Prima Arhandi, S.T., M.Kom Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Muhammad Abdan Ghiffari Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Fighting adalah sebuah genre permainan dimana terdapat karakter player melawan karakter enemy hingga salah satu dari bar hit point mereka habis. Tujuan dari permainan ini adalah untuk membuat kecerdasan buatan untuk karakter enemy dengan menggunakan Unity 3D dengan menggunakan cerita tokoh kepahlawanan sehingga bisa lebih mengenal sejarah dan meningkatkan rasa nasionalisme. Metode yang digunakan dalam merancang game ini adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Kecerdasan buatan yang digunakan dalam game ini adalah Algoritma FSM(Finite State Machine) dan N-Gram. Algoritma FSM digunakan untuk mengatur dan mengolah pergerakan enemy yang dibantu oleh N-Gram untuk prediksi setiap gerakan player. Dari hasil pengujian dan analisis dapat disimpulkan bahwa enemy dalam game ini sangat responsive dengan gerakan player sehingga player sedikit kesusahan dalam melawan enemy. Persentase untuk prediksi gerakan player adalah 60%, tetapi komputer memiliki celah agar player memungkinkan untuk menang melawan enemy meskipun lebih sulit.

Published
2018-08-31