RANCANG BANGUN GAME PLATFORMER 2D SAVE AND RESCUE

  • Noval Ridho Dwi Purnama Jurusan Teknologi Informasi, Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Ridwan Rismanto Jurusan Teknologi Informasi, Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Anugrah Nur Rahmanto Jurusan Teknologi Informasi, Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Penyalahgunaan Narkoba sangat membahayakan kehidupan manusia, penyalahgunaan Narkoba di Indonesia sudah sampai ke tingkat yang sangat mengkhawatirkan. Oleh karena itu pentingnya sebuah penanganan yang tepat untuk menyembuhkan pengguna Narkoba inilah juga harus diterapkan agar mencegah hal-hal yang tidak diinginkan karena ancaman yang dirasakan oleh pengguna Narkoba ini tidak dihiraukan oleh penggunanya. Untuk menginformasikan penanganan tersebut dapat memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini yaitu smartphone. Smartphone sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut maka dibuatlah permainan berbasis android agar mernjadi sebuah hiburan sekaligus memberikan pengetahuan tentang penanganan yang tepat terhadap pengguna Narkoba.

Dalam penelitian ini dibuat permainan 2D plarformer berbasis Android yang memberikan pengetahuan tentang penyalahgunaan Narkoba. Dalam proses pembuatanny, permainan ini dirancang dengan menggunakan Unity Game Engine. Metode yang digunakan untuk mendukung pembuatan game ini yaitu Finite State Machine untuk non-playable character (NPC), sebagai cara berinteraksi dari serangkaian state yang menentukan keputusan NPC kepada pemain sesuai kondisi yang ditentukan, lalu melakukan respond perilaku.

Hasil dari penelitian ini yaitu game Save And Rescue memiliki tampilan gameplay yang menarik dan membuat proses pengetahuan tentang penanganan pengguna Narkoba dengan sangat menyenangkan sehingga user dapat mengetahui penanganannya dengan tepat, hal ini dapat dilihat dari prosentasi jawaban setiap pengguna atau responden terhadap pertanyaan kuisioner.

Published
2018-08-31