SPK PENILAIAN KINERJA PEGAWAI DINAS PERIKANAN KABUPATEN LUMAJANG MENGGUNAKAN TOPSIS

  • Nur Maidah Woro Widani Jurusan Teknologi Informasi, Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Rudy Ariyanto, S.T., M.Cs. Jurusan Teknologi Informasi, Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Rizky Ardiansyah, S.Kom., M.T. Jurusan Teknologi Informasi, Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Kinerja pegawai secara umum adalah sebuah perwujudan kerja yang dilakukan oleh pegawai yang biasanya digunakan sebagai dasar atau acuan penilaian terhadap pegawai didalam suatu organisasi. Kinerja yang baik merupakan suatu langkah untuk menuju tercapainya tujuan organisasi. Oleh karena itu, kinerja juga merupakan sarana penentu dalam mencapai tujuan organisasi sehingga perlu diupayakan untuk meningkatkan kinerja pegawai.

Pada sistem pendukung keputusan penilaian kinerja pegawai ini menggunakan metode TOPSIS untuk perhitungan perankingan. Sistem pendukung keputusan ini di implementasikan dalam bentuk desktop, yang bertujuan untuk mempermudah pegawai mengetahui penilaian kinerja.

Proses pengujian sistem pendukung keputusan penilaian kinerja pegawai dengan melakukan perhitungan perankingan yang berupa kode kriteria dan bobot kriteria menggunakan TOPSIS untuk memastikan hasil dari perankingan dari penilaian. Sistem pendukung keputusan ini telah diuji dengan membandingkan hasil output sistem dengan perhitungan manual seperti perhitungan rata – rata pada SKP yang perilaku kerja. Berdasarkan hasil tersebut, sistem dapat menentukan hasil rekomendasi pegawai terbaik sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keakurasian sistem pendukung keputusan dalam penelitian mencapai 71%.

Published
2018-08-31