GAME EDUKASI 2D TENTANG RAMBU–RAMBU DAN TATA TERTIB BERLALU LINTAS DENGAN METODE FUZZY SUGENO BERBASIS ANDROID

  • Putra Prima Arhandi Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Mustika Mentari Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Yusuf Dwi Frimansyah Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Rambu lalu lintas adalah salah satu alat perlengkapan jalan dalam bentuk tertentu yang memuat lambang, huruf, dan angka untuk memberi peringatan petunjuk, larangan dan perintah bagi pengguna jalan. Banyaknya kalangan masyarakat saat ini adalah menyepelekan sebuah rambu - rambu lalu lintas yang sebenarnya untuk keselamatan bagi pengguna kendaraan dan keselamatan bagi masyarakat pada umumnya.  Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, media pembelajaran mulai berubah dan memanfaatkan teknologi tersebut yang dapat dimanfaatkan ke berbagai bidang. Salah satu contohnya adalah penerapan teknologi game untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya sebuah rambu – rambu dan tata tertib lalulintas.System ini bernama Game Edukasi 2D Tentang Tata Tertib Berlalulintas dengan Metode Fuzzy Sugeno Berbasis Android untuk memberi simulasi berkendara yang baik dan benar serta memahami maksud dari setiap rambu – rambu yang ada di jalan. Metode Fuzzy Sugeno banyak diterapkan untuk proses kendali NPC. Hasil dari penelitian game “RanTas” dapat memberikan  pengalaman belajar mengenai cara untuk tertib berlalulintas dan menarik untuk dimainkan. Penerapan Logika Fuzzy pada game sesuai dengan yang diharapkan serta dapat memberikan kecerdasan buatan pada game.

Published
2018-08-31