GAME EDUKASI PENGENALAN TANAMAN TOGA (TANAMAN OBAT KELUARGA) 2D MENGGUNAKAN METODE FUZZY SUGENO DAN FISHER YATES SHUFFLE

  • Putra Prima Arhandi Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Elok Nur Hamdana Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Andreas Surya Jaya Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Tanaman toga adalah tanaman obat keluarga yang di tanam di perkarangan rumah, namun seiring perkembangan zaman dan obat-obatan yang di produksi oleh pabrik sangat banyak sehingga tanaman toga kurang begitu di minati dan di lupakan oleh masyarakat sehingga generasi sekarang banyak yang tidak mengetahui tanaman toga. Dari permasalahan tersebut peneliti membuat game edukasi pengenalan tanaman toga menggunakan metode Fuzzy Sugeno dan Fisher Yates Shuffle berbasis android. Metode Fisher Yates Shuffle akan di implementasikan untuk pengacakan pupuk dimana pupuk tersebut akan muncul secara acak ketika proses bercocok tanam. Metode Fuzzy akan di implementasikan untuk penilaian skor dengan kriteria yaitu: poin tanaman, bonus koin, dan waktu. Peneliti berharapĀ  game ini akan menjadi game edukasi pengenalan tanaman toga supaya generasi sekarang dapat mengetahui jenis-jenis tanaman toga namun tidak membosankan karena berbasis game.

Published
2018-08-31