GAME PENGENALAN LEGENDA AJISAKA

  • Putra Prima Arhandi Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Yushintia Pramitarini Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Rizky Adi Prasetyo Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Generasi masa kini tampaknya lebih menikmati kebudayaan modern dibanding menikmati cerita legenda. Salah satu faktor yang menyebabkan generasi muda Indonesia kurang paham akan legenda adalah penyajiannya yang terlalu kuno dan kurang menariknya pengemasan cerita legenda tersebut serta sedikit sekali para orang tua atau sesepuh yang menceritakan legenda terhadap anak atau generasi penerusnya. Ajisaka adalah sosok penting dalam legenda adanya tulisan aksara Jawa, dialah yang menciptakan aksara Jawa dan membebaskan tanah Jawa dari kekejaman Dewata Cengkar yang suka memakan daging manusia.

Dibuatlah aplikasi game dengan mengangkat tokoh legenda Ajisaka. Pada aplikasi ini akan mengimplementasikan kecerdasan buatan dengan Hierarchy Finite State Machine (HFSM) untuk menghasilkan perilaku yang dinamis dan variatif yang akan diterapkan dalam game platformer 2D. Seiring dengan berkembangnya game, seseorang lebih memilih untuk memanfaatkan mobile device sebagai salah satu sarana bermain game, aplikasi ini akan menggunakan sistem operasi Android. Aplikasi ini dibangun sebagai sarana hiburan dan edukasi untuk mengenal lebih dekat tentang tokoh legenda Ajisaka.

Published
2018-08-31