PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PENYELAMATAN LINGKUNGAN DAN HABITAT SATWA LIAR ”GUARDIAN OF EARTH” DENGAN METODE FINITE STATE MACHINE DAN FUZZY SUGENO

  • Indra Dharma Wijaya Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Rizky Ardiansyah Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Dwi Dista Priyo Utomo Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Lingkungan merupakan kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air energi surya, mineral, serta flora dan fuana yang tumbuh diatas tanah maupun didalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkunga tersebut, namun saat ini banyak lingkungan yang sudah rusak atau tercemari akibat tangan – tangan manusia yang menggunakan sumber daya alam secara berlebihan dan tidak bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang betapa pentingnya menjaga lingkungan dan habitat satwa liar untuk menjaga flora dan fuana dari kepunahan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi game. Game ini sendiri dilengkapi dengan media edukasi yang menyampaikan beberapa informasi tentang habitat satwa liar yang terancam punah.

Published
2018-08-31