GAME PENINGGALAN SEJARAH DI PULAU JAWA GENRE PETUALANGAN

  • Indra Dharma Wijaya, ST. MMT Jurusan Teknologi Informasi, Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Anugrah Nur Rahmanto, S.SN., M.DS Jurusan Teknologi Informasi, Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang
  • Grace Aprilina Santoso Jurusan Teknologi Informasi, Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Peninggalan sejarah di Indonesia memiliki banyak ragam, mulai dari tulisan, bangunan, benda-benda bersejarah, karya seni, dan adat istiadat. Salah satu contoh peninggalan sejarah adalah cerita rakyat. Cerita rakyat seperti kisah Calon Arang terjadi hampir seribu tahun lebih namun namanya sebagai tokoh antagonis masih melegenda. Termasuk di daerah asalnya sendiri yakni di Kediri. Namun, masih banyak warga Indonesia yang belum mengenal cerita rakyat Calon Arang yang bahkan telah melegenda tersebut. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan penyampaian informasi dan kurangnya minat untuk mengenal peninggalan sejarah di negara sendiri. Penyampaian informasi seperti cerita rakyat tersebut dapat dibuat menjadi lebih kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini. Sehingga informasi tersebut mudah ditangkap oleh semua orang. Salah satu upaya tersebut adalah dengan suatu pengemasan yang membuat semua orang mendapat informasi mengenai peninggalan sejarah dalam bentuk game. Game memiliki banyak genre yang beragam dan salah satunya adalah genre petualangan. Game petualangan dapat meningkatkan kemampuan berpikir pemain pada sebuah jalan cerita yang telah ditentukan. Game petualangan pun dapat dikombinasi dengan game genre aksi, dimana game tersebut memerlukan banyak keterampilan fisik yang sama sebagai game action, tetapi juga menawarkan alur cerita, karakter, dialog, dan fitur lain dari game petualangan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dibangun sebuah game petualangan yang mengisahkan sebuah cerita rakyat Calon Arang. Permainan ini akan mengimplementasikan kecerdasan buatan dengan metode Finite State Machine (FSM) dimana metode FSM ini dapat menentukan perilaku atau tindakan apa yang akan dilakukan NPC ketika berhadapan dengan pemain.

Published
2018-08-31