PENGEMBANGAN GAME “PETUALANGAN JAKA DAN POHON KACANG AJAIB”

  • Indra Dharma Wijaya Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Malang
  • Usman Nurhasan Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Malang
  • Hesti Marsella Ambarwati Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Dongeng merupakan suatu cerita khayalan yang bersifat menghibur dan mengandung nilai pendidikan yang diceritakan kembali secara turun-temurun oleh orang-orang. Dongeng juga terdapat banyak manfaat antara lain mengembangkan keterampilan berpikir, merangsang imajinasi dan kreatifitas dan memperkenalkan nilai-nilai moral. Sudah banyak anak-anak seusia sekolah dasar sekarang yang menggunakan gadget untuk bermain game dan banyak pula yang melupakan dongeng. Banyak orang tua menginginkan anak nya mengetahui berbagai macam dongeng untuk membangun sebuah karakter untuk belajar berimajinasi anak.

Berdasarkan permasalahan tersebut perlu pengembangan game “Petualangan Jaka dan Pohon Kacang Ajaib” yang dirancang dan diimplementasikan berbasis game 2D Engine Unity, menggunakan bahasa pemrograman C Sharp. Sistem ini juga termasuk Game dongeng yang di tujukan kepada anak sekolah dasar usia 10-12 tahun yang menceritakan petualangan seorang anak setelah memanjat pohon kacang ajaib untuk mendapatkan item yang berupa koin emas, angsa emas, harpa emas, telur emas dan mengalahkan musuh berupa raksasa. pengacakan item tersebut menggunakan metode Linear Congruential Generator (LCG) dan Fuzzy Tsukamoto untuk menentukan perilaku raksasa atau musuh, diharapkan dapat membantu anak-anak untuk lebih mengenal dongeng dari game. Dengan melakukan rancangan dan membuat game dongeng diharapkan game “Petualangan Jaka dan Pohon Kacang Ajaib” dapat menjadi media untuk mengenal lebih jauh mengenai dongeng..

Published
2018-08-31