GAME 2D EDUKASI CERITA RAKYAT NUSANTARA “LUTUNG KASARUNG” MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY

  • Indra Dharma Wijaya Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Rudy Ariyanto Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Tikko Hardiyanto Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Perkembangan teknologi digital di era modern ini sangat pesat. Sehingga kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan untuk membuat aplikasi pengenalan cerita rakyat. Salah satu cerita rakyat yang ada adalah kisah Lutung Kasarung. Untuk melestarikan kisah tersebut dapat memanfaatkan perkembangan teknologi yaitu game tentang cerita tersebut. Dalam penelitian ini dibangun permainan 2D platformer yang dirancang dengan menggunakan Unity Game Engine. Metode yang digunakan adalah Logika Fuzzy untuk menentukan tingkah laku terbaik yang akan dilakukan. Logika Fuzzy dapat diterapkan dan mendesain perilaku NPC (Non Player Character) pada Game “Lutung Kasarung”. Hasil dari penerapan Logika Fuzzy dalam perubahan respon perilaku NPC pada game terlihat lebih dinamis pada saat game dimainkan dengan tujuan agar dapat membuat player merasa tidak bosan dan tertantang dalam memainkan game. Pengujian aplikasi yang telah dilakukan dengan cara fungsional maupun performa. Hasilnya user merasa senang dilihat dari prosentasi jawaban terhadap pertanyaan kuesioner yang diberikan dengan hasil rata-rata nilai prosentase dari seluruh jawaban pertanyaan responden sebesar 85%. Selain itu, game ini dapat memberikan  pengalaman belajar mengenai cerita rakyat Lutung Kasaraung dengan sangat menyenangkan.Selain itu, penerapan Logika Fuzzy pada game sesuai dengan yang diharapkan.

Published
2018-08-31