SISTEM MONITORING BERBASIS INTERNET PADA OTOMATISASI SUHU KANDANG AYAM BROILER MENGGUNAKAN RASPBERRY PI

2019: Seminar Informatika Aplikatif 2019

Dani Putra
Yuri Ariyanto
Kadek Batubulan

Abstract

Abstrak — Dalam Kehidupan sehari hari ayam broiler merupakan hewan ternak yang banyak diambil manfaatnya oleh masyarakat. Maka dari itu ayam broiler banyak dibudidayakan oelh peternak untuk diambil dagingnya, sehingga perluang untuk berbisnis ayam broiler ini sangat bagus. Namun dalam proses perawatannya jenis ayam ini memiliki banyak kesulitan salah satunya suhu ruangan dalam kandang harus stabil dan tetap terjaga. Suhu  ruangan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ayam broiler. Apabila suhu tidak stabil ayam akan kehilangan nafsu makan dan akhirnya terkena penyakit yang dapat mempengaruhi populasi ayam lainnya. Adapun cara tradisional yang dipakai peternak untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara  penggunaan lampu dan kandang tertutup di saat suhu dalam kandang ayam tidak ideal. Namun cara tersebut kurang efisien karena peternak hanyamenghafalkan pemasangan bola lampu saja dan belum lagi jika jarak  rumah peternak dan kandang ayam yang jauh.


       Untuk mengatasi permasalahan pada suhu yang tidak stabil pada kandang ayam DOC. Dibutuhkan sebuah kontrol kendali untuk mengatur suhu ruangan dalam kandang secara otomatis  dan camera untuk memonitoring keadaan ayam dalam kandang. Untuk itu penulis membuat sistem monitoring berbasis internet pada otomatisasi kandang ayam broiler menggunakan raspberry pi. Raspberry pi ini digunakan karena berbentuk mini komputer dengan daya rendah namun performanya sudah seperti komputer. Sehingga memungkinkan alat ini ditambahkan ke dalam sebuah kandang ayam kandang .


       sistem monitoring berbasis internet pada otomatisasi kandang ayam broiler menggunakan raspberry pi menggunakan metode fuzzy logic untuk pengoprasiannya. Sistem otomatisasi ini berjalan ketika suhu dalam kandang tidak mencapai suhu ideal. Apabila suhu di dalam kandang sangat panas maka sistem otomatis menyalakan kipas untuk pendinginnya dan sebaliknya jika suhu sangat dingin maka lampu pijar menyala dan kipas angin mati. Dan sistem ini juga dilengkapi dengan camera yang dapat dimonitoring secara jarak jauh melalui sebuah website dan internet.


       Dari hasil uji coba alat selama 3 hari dinyalakan suhu kandang ayam mengalami perubahan  drastis pada saat  jam  02.00 sampai 07.00 wib rata rata suhu kandang ayam 22-26 derajat Celsius dan pada jam 12.00 – 14.00 rata rata suhu kandang ayam mencapai 30-33 derajat celcius. Tidak itu saja terhitung selama tiga hari lampu menyala sebanyak 90 kali dan kipas menyala sebanyak 58 kali. Dan selama pengujian umur ayam dalam kondisi umur 2 hari. Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa suhu di lingkungan sekitar dingin.


 


Kata kunci - Ayam Broiler, Otomatisasi Suhu Kandang, Perkembangan Ayam, Metode Fuzzy Tsukamoto.