GAME EDUKASI PENGENALAN BENDA “THINGS AROUND ME” DALAM BAHASA INGGRIS

2016: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP)

Faraumaina Safira Mahmudi
Dyah Ayu Irawati
Mungki Astiningrum

Abstract

Di  era  globalisasi  ini  bahasa  Inggris  penting  untuk  dipelajari  oleh  anak  sejak  dini  karena  diharapkan
kedepannya anak tersebut bisa menguasai pengucapan dalam bahasa Inggris. Ada beberapa anak yang mengerti
tentang  alphabetdan angka dalam bahasa Inggris, namun dari mereka tidak mengenal benda sekitarnya dalam
bahasa Inggris. Metode pengajaran dengan buku panduan yang membuat anak-anak jenuh di dalam kelas. Anakanak cenderung tertarik dengan warna cerah dan bentuk yang menarik perhatian.
Oleh  karena  itu,  perlu  adanya  media  pembelajaran  bahasa  Inggris  untuk  anak-anak  untuk  membantu
proses belajar mengajar yang interaktif, salah satunya adalah permainan. Dalam  konteks ini disebut permainan
edukasi.  Permainan  edukasi  ini  berbentuk  2D  berbasis  android.  Dalam  proses  pembuatannya,  permainan  ini
dirancang menggunakan Unity Game Engine. Berdasarkan implementasi pengacakan menggunakan  Fisher Yates
Shuffle. Hasil dari pembuatan permainan edukasi ini adalah sebuah permainan 2D  “Things Around Me” berbasis
android. Permainan ini bermanfaat untuk proses belajar pengenalan benda dalam  bahasa Inggris, hal ini dapat
dilihat dari hasil pengujian yang mendapatkan prosentase rata-rata 78.8%.

References

Amalina, Tasya. 2014. Mengenalkan Komputer
Kepada Anak Usia Dini. [Online] Tersedia:
http://www.kompasiana.com/tasya-amalina-14/mengenalkan-komputer-kepada-anakusia-dini_54f98a1ea33311106a8b48f6 [1
Desember 2015]
Binanto, Iwan. 2009. Metode Pengembangan
Perangkat Lunak Multimedia versi Luther
Sutopo.[Online]Tersedia:
https://iwanbinanto.com/2009/01metodepengembangan-multimedia/ [6 Desember
2015]
Setiawan, Cecep Rudi Kusnadi dan Balfas, Nizar,
2014. Media Pembelajaran Interaktif
Bahasa Inggris dan Arab Untuk Siswa SMP
Plus Al-Amanah. STMIK LPKIA. Bandung.
Supriyanto, Berry, dan Yoannita, 2014. Penerapan
Fisher-Yates pada Edugames Guess
Caculation Berbasis Android. STMIK GI
MDP. Palembang.
Terate, Ken. 2014. Kapan Sebaiknya Anak Mulai
Belajar Bahasa Inggris? [Online] Tersedia:
http://www.kompasiana.com/kenterate/kapa
n-sebaiknya-anak-mulai-belajar-bahasainggris-sekadar-opini_54f97a64a3331110 [1
Desember 2015]
Wahyudhi, Johan, 2014. Video Game Sebagai
Media Pembelajaran Sejarah. Sekolah
Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama
Jakarta