IMPLEMENTASI METODE MOORA UNTUK PENENTUAN PRIORITAS REHABILITASI SEKOLAH PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA MALANG

2019: Seminar Informatika Aplikatif 2019

Indra Dharma Wijaya
Yoppy Yunhasnawa
Ainia Walida Royani

Abstract

Sekolah merupakan sarana penunjang pendidikan bagi siswa Sekolah merupakan sarana penunjang pendidikan bagi siswa untuk menuntut ilmu. Apabila terdapat bangunan sekolah yang rusak atau tidak layak, maka instansi terkait dituntut untuk segera melakukan penentukan prioritas rehabilitasi sekolah. Pada penelitian ini dilakukan terhadap Dinas Pendidikan Kota Malang karena Dinas Pendidikan Kota Malang masih menggunakan cara manual untuk melakukan perhitungan prioritas rehabilitasi sekolah berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan. Oleh karena itu diperlukan sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk membantu menyelesaikan permasalahan dalam proses perhitungan prioritas rehabilitasi sekolah. Pembuatan sistem ini dilakukan dengan menggunakan Metode MOORA (Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis). Metode MOORA diterapkan untuk menentukan prioritas rehabilitasi sekolah karena metode ini banyak diterapkan dalam berbagai bidang seperti manajemen, bangunan, kontraktor, desain jalan, dan ekonomi. Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian, metode MOORA direkomendasikan karena pada metode ini terdapat adanya penilaian cost dan benefit yang dapat digunakan untuk menentukan keputusan akhir. Penelitian ini telah menghasilkan aplikasi penentuan prioritas rehabilitasi sekolah menggunakan metode MOORA dengan nilai presentasi sebesar 90,5% dari hasil perhitungan pengujian beta yang dilakukan pada sistem. Sistem ini dapat menjadi rekomendasi bagi Dinas Pendidikan Kota Malang untuk memudahkan perangkingan dan penentuan prioritas rehabilitasi sekolah. Sehingga saran dari penelitian ini adalah dapat dilakukan pengembangan dengan versi lain seperti aplikasi berbasis mobile.