Optimasi Penjadwalan Maintenance Kendaraan Menggunakan Alat GPS Tracking Berbasis Android

2019: Seminar Informatika Aplikatif 2019

Luqman Affandi
Sofyan Noor Arief
Muhammad Iko Wiryadirja

Abstract

Abstrak — Kendaraan merupakan alat transportasi yang menjadi kebutuhan primer. Kecenderungan memakai kendaraan membuat pengendara terkadang melupakan tentang kondisi dari kendaraan itu sendiri. Salah satu indikator yang menyebabkan kondisi performa mesin menurun disebabkan dari faktor pemakaian, semakin jauh jarak tempuh yang digunakan maka efeknya akan semakin cepat suku cadang mengalami keausan. Hal ini banyak terjadi di rental kendaraan karena faktor kurangnya sistem perawatan yang baik.


Pada saat ini pembuatan penjadwalan maintenance kendaraan di rental masih berupa pencatatan manual. Pencatatan dilakukan secara manual memiliki resiko seperti kelalaian pengelola rental atau pemilik dalam melakukan pencatatan kilometer kendaraan. Oleh karena itu perlu adanya bantuan alat GPS Tracking seperti tipe GT06N yang sudah banyak menjual dipasaran, diharapkan optimasi penjadwalan maintenance kendaraan dapat berjalan secara optimal. Menggunakan perangkat GT06N dengan konfigurasi waktu pengiriman data 5 detik mampu memberikan hasil yang diharapkan dengan tingkat akurasi sebesar 95,51 % pada 15 data training yang telah dihitung berdasarkan lokasi latitude dan longitude.


Sedangkan konfigurasi waktu pengiriman data 10 detik mampu memberikan hasil yang diharapkan dengan tingkat akurasi sebesar 94,61 % pada 15 data training. Oleh karena itu semakin besar nilai konfigurasi pengiriman data, maka tingkat persentase kesalahan juga akan semakin besar.Kata kunci— GPS Tracking, GT06N, Maintenance Kendaraan, Representational State Transfer (REST)