Implementasi Manhattan Distance dan Dice Similarity pada Ujian Esai Daring Berbahasa Indonesia

2019: Seminar Informatika Aplikatif 2019

Faisal Rahutomo
Yoga Pramana Putra
Muhammad Haidar Ali

Abstract

Setiap proses pembelajaran memerlukan alat evaluasi untuk mengukur tingkat pemahaman siswa. Jenis evaluasi dapat berupa soal pilihan ganda, isian singkat dan esai. Beberapa penelitian mengungkapkan ujian esai lebih baik dari jenis evaluasi lainnya. Penilaian esai secara otomatis dibutuhkan untuk menghemat waktu pengajar dalam mengoreksi jawaban. Namun, pengembangan untuk penilaian esai masih terus dilakukan sampai sekarang. Tujuannya adalah untuk memperoleh nilai keakurasian yang lebih baik dari metode yang digunakan dalam penilaian. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini mengusulkan analisis perbandingan metode kemiripan untuk penilaian ujian esai daring. Metode kemiripan yang dibandingkan adalah Dice Similarity, dan Manhattan Distance. Kedua metode menghasilkan nilai koefisien yang kemudian dibandingkan penilaian sistem dengan penilaian manual dengan skala sama. Data yang digunakan sebanyak 2162 data. Data ini diperoleh dari 50 siswa yang menjawab 40 soal (politik, olahraga, lifestyle dan teknologi). Data yang diperoleh dalam penelitian ini dapat digunakan untuk mendukung penelitian lain yang dapat diakses di alamat www.indonesian-ir.org. Penelitian ini menunjukkan bahwa skema Jaccard dengan stemming lebih kecil dibandingkan 2 skema kemiripan lainnya.