PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN UMRAH 3D SECARA INTERAKTIF

2016: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP)

Ayu Ari Andani
Mungki Astiningrum
Dyah Ayu Irawati

Abstract

Sistem  pembelajaran  sekarang  ini  banyak  memanfaatkan  aplikasi  berbasis  multimedia  sehingga  diharapkan
semua kalangan tertarik untuk mempelajari pembelajaran tersebut. Salah satu contohnya adalah pembelajaran
menggunakan media game. Pembelajaran menggunakan media  gamemempunyai dampak positif tersendiri bagi
penggunanya  dengan  menambahkan  unsur  permainan  yang  memiliki  nilai  edukatif   didalamnya  sehingga
pengguna tidak hanya mendapatkan kesenangan dari permainan tersebut tetapi mendapatkan ilmu pembelajaran
baru  dari  nilai  edukatif  yang  disediakan  dalam  setiap  game.  Aplikasi  pembelajaran  Umrah  menggunakan  3D
yang bertujuan untuk mengenalkan tentang langkah-langkah melakukan Umrah kepada semua kalangan dengan
cara belajar sambil bermain, dan mempermudah dalam menyampaikan.  Untuk itu aplikasi ini di harapkan dapat
menjadi media belajar secara interaktif dan menarik bagi semua kalangan.
Berdasarkan  implementasi  pengacakan  menggunakan  Metode  Fisher  Yates yaitu  tidak  mengulangi  result dari
pengacakan yang artinya setiap resultpada potongan do’a atau potongan gambar akan berbeda . Pada pengujian
yang  telah  dibuat  dengan  menggunakan  kuesioner  maka  diperoleh  hasil  bahwa  dari  20  orang  remaja  hingga
dewasa  17  responden  dari  total  20  reponden  mengatakan  bahwa  adanya  aplikasi  pembelajaran  umrah  sangat
membantu  karena  mereka  menjadi  lebih  mengetahui  mengenai  langkah-langkah  melakukan  umrah  dan  juga
pembelajaran yang terdapat pada aplikasi ini tersampaikan dengan baik .

References

Arroyyan , “Rancang Bangun Aplikasi Edugame
Sejarah Walisongo (Sunan Kalijaga)
Dengan Unity 3D”. STMIK GI MDP
Nashrullah , Zain Khalifa. 2015. Panduan Lengkap
dan Praktis Ibadah Haji dan Umrah.
Yogyakarta : Gramedia
Shaleh, Abdullah. 2012 . Pengertian Umrah.
[online] Tersedia :
http://www.tausiyah.com/manasik-umrahlengkap-abdullah-shaleh-hadrami. [11
Maret 2016]
Oprekzone . 2013.Teknik Modeling 3 Dimensi.
[online] Tersedia :
http://oprekzone.com/teknik-modeling-3d-3-dimensi/ . [15 Maret 2016]
Priangga , “Penerapan Algoritme Fisher-Yates pada
Edugame Guess Caculation Berbasis
Android” . STMIK GI MDP