PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN UMRAH 3D SECARA INTERAKTIF
2016: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP)
Abstract
Sistem pembelajaran sekarang ini banyak memanfaatkan aplikasi berbasis multimedia sehingga diharapkan
semua kalangan tertarik untuk mempelajari pembelajaran tersebut. Salah satu contohnya adalah pembelajaran
menggunakan media game. Pembelajaran menggunakan media gamemempunyai dampak positif tersendiri bagi
penggunanya dengan menambahkan unsur permainan yang memiliki nilai edukatif didalamnya sehingga
pengguna tidak hanya mendapatkan kesenangan dari permainan tersebut tetapi mendapatkan ilmu pembelajaran
baru dari nilai edukatif yang disediakan dalam setiap game. Aplikasi pembelajaran Umrah menggunakan 3D
yang bertujuan untuk mengenalkan tentang langkah-langkah melakukan Umrah kepada semua kalangan dengan
cara belajar sambil bermain, dan mempermudah dalam menyampaikan. Untuk itu aplikasi ini di harapkan dapat
menjadi media belajar secara interaktif dan menarik bagi semua kalangan.
Berdasarkan implementasi pengacakan menggunakan Metode Fisher Yates yaitu tidak mengulangi result dari
pengacakan yang artinya setiap resultpada potongan do’a atau potongan gambar akan berbeda . Pada pengujian
yang telah dibuat dengan menggunakan kuesioner maka diperoleh hasil bahwa dari 20 orang remaja hingga
dewasa 17 responden dari total 20 reponden mengatakan bahwa adanya aplikasi pembelajaran umrah sangat
membantu karena mereka menjadi lebih mengetahui mengenai langkah-langkah melakukan umrah dan juga
pembelajaran yang terdapat pada aplikasi ini tersampaikan dengan baik .
semua kalangan tertarik untuk mempelajari pembelajaran tersebut. Salah satu contohnya adalah pembelajaran
menggunakan media game. Pembelajaran menggunakan media gamemempunyai dampak positif tersendiri bagi
penggunanya dengan menambahkan unsur permainan yang memiliki nilai edukatif didalamnya sehingga
pengguna tidak hanya mendapatkan kesenangan dari permainan tersebut tetapi mendapatkan ilmu pembelajaran
baru dari nilai edukatif yang disediakan dalam setiap game. Aplikasi pembelajaran Umrah menggunakan 3D
yang bertujuan untuk mengenalkan tentang langkah-langkah melakukan Umrah kepada semua kalangan dengan
cara belajar sambil bermain, dan mempermudah dalam menyampaikan. Untuk itu aplikasi ini di harapkan dapat
menjadi media belajar secara interaktif dan menarik bagi semua kalangan.
Berdasarkan implementasi pengacakan menggunakan Metode Fisher Yates yaitu tidak mengulangi result dari
pengacakan yang artinya setiap resultpada potongan do’a atau potongan gambar akan berbeda . Pada pengujian
yang telah dibuat dengan menggunakan kuesioner maka diperoleh hasil bahwa dari 20 orang remaja hingga
dewasa 17 responden dari total 20 reponden mengatakan bahwa adanya aplikasi pembelajaran umrah sangat
membantu karena mereka menjadi lebih mengetahui mengenai langkah-langkah melakukan umrah dan juga
pembelajaran yang terdapat pada aplikasi ini tersampaikan dengan baik .
Copyright ©2020 Jurusan Teknologi Informasi - Politeknik Negeri Malang.
References
Arroyyan , “Rancang Bangun Aplikasi Edugame
Sejarah Walisongo (Sunan Kalijaga)
Dengan Unity 3D”. STMIK GI MDP
Nashrullah , Zain Khalifa. 2015. Panduan Lengkap
dan Praktis Ibadah Haji dan Umrah.
Yogyakarta : Gramedia
Shaleh, Abdullah. 2012 . Pengertian Umrah.
[online] Tersedia :
http://www.tausiyah.com/manasik-umrahlengkap-abdullah-shaleh-hadrami. [11
Maret 2016]
Oprekzone . 2013.Teknik Modeling 3 Dimensi.
[online] Tersedia :
http://oprekzone.com/teknik-modeling-3d-3-dimensi/ . [15 Maret 2016]
Priangga , “Penerapan Algoritme Fisher-Yates pada
Edugame Guess Caculation Berbasis
Android” . STMIK GI MDP
Sejarah Walisongo (Sunan Kalijaga)
Dengan Unity 3D”. STMIK GI MDP
Nashrullah , Zain Khalifa. 2015. Panduan Lengkap
dan Praktis Ibadah Haji dan Umrah.
Yogyakarta : Gramedia
Shaleh, Abdullah. 2012 . Pengertian Umrah.
[online] Tersedia :
http://www.tausiyah.com/manasik-umrahlengkap-abdullah-shaleh-hadrami. [11
Maret 2016]
Oprekzone . 2013.Teknik Modeling 3 Dimensi.
[online] Tersedia :
http://oprekzone.com/teknik-modeling-3d-3-dimensi/ . [15 Maret 2016]
Priangga , “Penerapan Algoritme Fisher-Yates pada
Edugame Guess Caculation Berbasis
Android” . STMIK GI MDP