Pengenalan Nilai Mata Uang Kertas Untuk Tunanetra Menggunakan Metode Template Matching Correlation Berbasis Android

2019: Seminar Informatika Aplikatif 2019

Cahya Rahmad
Ridwan Rismanto
Febrita Dian

Abstract

Uang merupakan suatu alat pembayaran yang penting dalam melakukan transaksi barang atau jasa oleh masyarakat, termasuk para penyandang tunanetra. Keterbatasan mereka dalam melihat merupakan suatu masalah dalam mengetahui nilai nominal pada uang, terutama uang kertas. Sehingga tidak menutup kemungkinan untuk tertukar atau mereka tertipu pada saat melakukan transaksi jual beli. Dari permasalahan di atas, maka dibuat sebuah sistem untuk mendeteksi nilai nominal mata uang kertas berbasis android dengan menggunakan metode Template Matching Correlation. Metode ini adalah sebuah metode yang digunakan untuk menghitung tingkat kemiripan dari citra masukan dan citra pada template.


Cara kerja aplikasi ini yaitu dengan menggunakan kamera yang terdapat pada smartphone android untuk menangkap citra berupa gambar uang yang ingin diketahui nominalnya untuk selanjutnya diproses menggunakan pre-processing pada pengolahan citra digital. Hasil image pre-processing kemudian akan dihitung tingkat kemiripan yang paling tinggi dengan citra pada template sehingga menghasilkan output berupa suara hasil nominal yang dideteksi.


            Dari hasil implementasi didapatkan data bahwa tingkat keberhasilan pengenalan nilai mata uang kertas sebesar 93,35% pada uang kertas keluaran 2016 dan 54,46% pada uang kertas keluaran 2010. Sehingga kesimpulannnya adalah aplikasi ini dapat digunakan sebagai sarana untuk membantu tunanetra membedakan nilai mata uang kertas lebih efektif dan efisien.


 


 


Kata kunci: Uang, Pre-processing, Android, Template Matching Correlation.