PENGEMBANGAN APLIKASI GAME ARCADE 3D MARI SELAMATKAN HUTAN INDONESIA

2016: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP)

Dyah Ayu Irawati
Abdillah Ibnu Firdaus
Ridwan Rismanto

Abstract

Perkembangan teknologi di dunia saat ini semakin pesat, khususnya game untuk PC / Notebook ataupun game
smarthpone. Terlebih perkembangan dalam sebuah permainan game sudah  semakin menarik dengan dibuatnya
kecerdasan buatan kepada  non player character, sehingga permainan akan semakin menantang dan terasa lebih
realistis. Dengan menerapkan algoritma A* dianggap mampu meningkatkankecerdasan  Non Player Character
(NPC) bertipe enemy. Maka dibuatlah sebuah game arcade 3D Mari Selamatkan Hutan Indonesia sebagai media
sosialisasi sekaligus pembelajaran tentang pentingnya peran kita dalam kelestarian hutan. Pengujian yang telah
dilakukan menunjukan tingkat ketertarikan pengguna sebesar 70%, sedangkan dengan adanya kecerdasan buatan
pada  NPC  mendapat  kepuasan  pengguna  sebesar  81%.  Dengan  demikian,  game  yang  dilengkapi  dengan
kecerdasan buatan dengan menerapkan algoritma A* sebagai pencarian jalur terpendek dinilai sudah cukup tepat
sebagai media sosialisasi tentang lingkungan hutan.

References

Chalimi Fithrau Al Laili. (2015): Video Game
Third Person Shooter 3D Monster Boat
Attack. Politeknik Negeri Malang., Program
studi manajemen informatika: Laporan akhir
Tidak Diterbitkan
Munir, Rinald. (2012):Diktat Kuliah IF3051
Strategi Algoritma., Bandung, STEI ITB.
Adipranata, Rudi., et all. (2007): Aplikasi Pencari
Rute Optimum pada Peta Guna
meningkatkan Efisiensi Waktu Tempuh
Pengguna Jalan dengan Metode A* dan
Best
FirstbSearch.,[online]Tersediahhttp://puslit2
.petra.ac.id/ejournal/index.php/inf/article/vie
w/16774.[10 Mei 2016]
Ahmadya, Iqra. (2013):Analisis Dan Implementasi
Algoritma Tactical Pathfinding Untuk NonPlayer Character Dalam Permainan 3D.
Malang., Universitas Brawijaya Malang.
Novak, Jeannie. (2012):Game Development
Essentials Third Edition., New York, Delma