PENGEMBANGAN APLIKASI GAME ARCADE 3D MARI SELAMATKAN HUTAN INDONESIA
2016: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP)
Abstract
Perkembangan teknologi di dunia saat ini semakin pesat, khususnya game untuk PC / Notebook ataupun game
smarthpone. Terlebih perkembangan dalam sebuah permainan game sudah semakin menarik dengan dibuatnya
kecerdasan buatan kepada non player character, sehingga permainan akan semakin menantang dan terasa lebih
realistis. Dengan menerapkan algoritma A* dianggap mampu meningkatkankecerdasan Non Player Character
(NPC) bertipe enemy. Maka dibuatlah sebuah game arcade 3D Mari Selamatkan Hutan Indonesia sebagai media
sosialisasi sekaligus pembelajaran tentang pentingnya peran kita dalam kelestarian hutan. Pengujian yang telah
dilakukan menunjukan tingkat ketertarikan pengguna sebesar 70%, sedangkan dengan adanya kecerdasan buatan
pada NPC mendapat kepuasan pengguna sebesar 81%. Dengan demikian, game yang dilengkapi dengan
kecerdasan buatan dengan menerapkan algoritma A* sebagai pencarian jalur terpendek dinilai sudah cukup tepat
sebagai media sosialisasi tentang lingkungan hutan.
smarthpone. Terlebih perkembangan dalam sebuah permainan game sudah semakin menarik dengan dibuatnya
kecerdasan buatan kepada non player character, sehingga permainan akan semakin menantang dan terasa lebih
realistis. Dengan menerapkan algoritma A* dianggap mampu meningkatkankecerdasan Non Player Character
(NPC) bertipe enemy. Maka dibuatlah sebuah game arcade 3D Mari Selamatkan Hutan Indonesia sebagai media
sosialisasi sekaligus pembelajaran tentang pentingnya peran kita dalam kelestarian hutan. Pengujian yang telah
dilakukan menunjukan tingkat ketertarikan pengguna sebesar 70%, sedangkan dengan adanya kecerdasan buatan
pada NPC mendapat kepuasan pengguna sebesar 81%. Dengan demikian, game yang dilengkapi dengan
kecerdasan buatan dengan menerapkan algoritma A* sebagai pencarian jalur terpendek dinilai sudah cukup tepat
sebagai media sosialisasi tentang lingkungan hutan.
Copyright ©2020 Jurusan Teknologi Informasi - Politeknik Negeri Malang.
References
Chalimi Fithrau Al Laili. (2015): Video Game
Third Person Shooter 3D Monster Boat
Attack. Politeknik Negeri Malang., Program
studi manajemen informatika: Laporan akhir
Tidak Diterbitkan
Munir, Rinald. (2012):Diktat Kuliah IF3051
Strategi Algoritma., Bandung, STEI ITB.
Adipranata, Rudi., et all. (2007): Aplikasi Pencari
Rute Optimum pada Peta Guna
meningkatkan Efisiensi Waktu Tempuh
Pengguna Jalan dengan Metode A* dan
Best
FirstbSearch.,[online]Tersediahhttp://puslit2
.petra.ac.id/ejournal/index.php/inf/article/vie
w/16774.[10 Mei 2016]
Ahmadya, Iqra. (2013):Analisis Dan Implementasi
Algoritma Tactical Pathfinding Untuk NonPlayer Character Dalam Permainan 3D.
Malang., Universitas Brawijaya Malang.
Novak, Jeannie. (2012):Game Development
Essentials Third Edition., New York, Delma
Third Person Shooter 3D Monster Boat
Attack. Politeknik Negeri Malang., Program
studi manajemen informatika: Laporan akhir
Tidak Diterbitkan
Munir, Rinald. (2012):Diktat Kuliah IF3051
Strategi Algoritma., Bandung, STEI ITB.
Adipranata, Rudi., et all. (2007): Aplikasi Pencari
Rute Optimum pada Peta Guna
meningkatkan Efisiensi Waktu Tempuh
Pengguna Jalan dengan Metode A* dan
Best
FirstbSearch.,[online]Tersediahhttp://puslit2
.petra.ac.id/ejournal/index.php/inf/article/vie
w/16774.[10 Mei 2016]
Ahmadya, Iqra. (2013):Analisis Dan Implementasi
Algoritma Tactical Pathfinding Untuk NonPlayer Character Dalam Permainan 3D.
Malang., Universitas Brawijaya Malang.
Novak, Jeannie. (2012):Game Development
Essentials Third Edition., New York, Delma