PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA INDONESIA “JELAJAH” BERBASIS ANDROID

2016: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP)

Ivenulut Rizki Diaz Renavitasari
Dyah Ayu Irawati
Arief Prasetyo

Abstract

Indonesia memiliki beragam kebudayaan dengan ciri khasnya masing-masing. Seperti halnya pada Pulau Jawa
dan  Pulau  Bali,  di  mana  pulau  ini  memiliki  sejarah  panjang  dan  kaya  akan  warisan  kebudayaan  yang  dapat
dipelajari. Alat musik dan pakaian adat merupakan salah satu kekayaan budaya  Indonesia yang memiliki daya
tarik tersendiri di mancanegara. Namun masyarakat Indonesia kurang mengenal kebudayaan mereka sendiri.
Gamemerupakan salah satu media alternatif untuk memperkenalkan budaya Indonesia karena mudah diterima di
semua  kalangan  dan  sangat  diminati  oleh  anak-anak.  Tujuan  dari  penelitian ini  adalah  membuat  game
pengenalan  budaya  Indonesia  dengan  memanfaatkan  teknologi  saat  ini  yaitu  smartphone  android.  Game  ini
dirancang  dalam  bentuk  gambar  dan  menerapkan  Algoritma  Fisher  Yates  Shuffle  untuk  pengacakan  posisi
rintangan dan alat musik.
Hasil dari pengujian Game Jelajah ini adalah membuat pengenalan budaya Indonesia khususnya alat musikdan
pakaian  adat  menjadi  menyenangkan.  Hal  ini  di  dapat  dari  hasil  penyebaran  kuesioner  ke  responden  yang
mengatakan bahwa 70% responden sangat setuju dan 30% setuju terhadap pernyataan tersebut.

References

Farizah, Azkia Nury.2015.Rancang Bangun Aplikasi
Pembelajaran Bahasa Inggris untuk AnakAnak Menggunakan Teknologi
Kinect.Malang: Politeknik Negeri Malang.
Ikhsan Kurnia Indra Rukmana.2014. Pembuatan
Game Multi Platform “Joko The Explorer”
Menggunakan Scirra Construct 2 Berbasis
Html .Yogyakarta: Sekolah Tinggi
Manajemen Informatika Dan Komputer
Amikom Yogyakarta.
Kristiani, Dian.2015.Ensiklopedia Negeriku Alat
Musik Tradisional.Jakarta: Penerbit PT
Bhuana Ilmu Komputer.
Ranita Windriani, Miftahul Bagus Pranoto, Yunita
Khumaeroh.2015. Jombie - Game Berbasis
Android Untuk Mengenalkan Tradisi, Adat
Dan Budaya Pernikahan Indonesi
(Jurnal).Universitas Telkom.
Sigit Luarsa, Dicky Marpalo, Hendri Sopryadi.
Penerapan Algoritme Fisher Yates pada
Game Edukasi Eco Mania Berbasis Unity
3D.Palembang: STMIK Global Informatika
MDP.
Sugiyanto, Dzuha Hening Y.2011. Game Edukasi
“Ragam Budaya” Sebagai Media
Pembelajaran Budaya Tentang Pakaian Dan
Rumah Adat Di
Indonesia.Semarang:Universitas Dian
Nuswantoro.