PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA INDONESIA “JELAJAH” BERBASIS ANDROID
2016: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP)
Abstract
Indonesia memiliki beragam kebudayaan dengan ciri khasnya masing-masing. Seperti halnya pada Pulau Jawa
dan Pulau Bali, di mana pulau ini memiliki sejarah panjang dan kaya akan warisan kebudayaan yang dapat
dipelajari. Alat musik dan pakaian adat merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang memiliki daya
tarik tersendiri di mancanegara. Namun masyarakat Indonesia kurang mengenal kebudayaan mereka sendiri.
Gamemerupakan salah satu media alternatif untuk memperkenalkan budaya Indonesia karena mudah diterima di
semua kalangan dan sangat diminati oleh anak-anak. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat game
pengenalan budaya Indonesia dengan memanfaatkan teknologi saat ini yaitu smartphone android. Game ini
dirancang dalam bentuk gambar dan menerapkan Algoritma Fisher Yates Shuffle untuk pengacakan posisi
rintangan dan alat musik.
Hasil dari pengujian Game Jelajah ini adalah membuat pengenalan budaya Indonesia khususnya alat musikdan
pakaian adat menjadi menyenangkan. Hal ini di dapat dari hasil penyebaran kuesioner ke responden yang
mengatakan bahwa 70% responden sangat setuju dan 30% setuju terhadap pernyataan tersebut.
dan Pulau Bali, di mana pulau ini memiliki sejarah panjang dan kaya akan warisan kebudayaan yang dapat
dipelajari. Alat musik dan pakaian adat merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang memiliki daya
tarik tersendiri di mancanegara. Namun masyarakat Indonesia kurang mengenal kebudayaan mereka sendiri.
Gamemerupakan salah satu media alternatif untuk memperkenalkan budaya Indonesia karena mudah diterima di
semua kalangan dan sangat diminati oleh anak-anak. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat game
pengenalan budaya Indonesia dengan memanfaatkan teknologi saat ini yaitu smartphone android. Game ini
dirancang dalam bentuk gambar dan menerapkan Algoritma Fisher Yates Shuffle untuk pengacakan posisi
rintangan dan alat musik.
Hasil dari pengujian Game Jelajah ini adalah membuat pengenalan budaya Indonesia khususnya alat musikdan
pakaian adat menjadi menyenangkan. Hal ini di dapat dari hasil penyebaran kuesioner ke responden yang
mengatakan bahwa 70% responden sangat setuju dan 30% setuju terhadap pernyataan tersebut.
Copyright ©2020 Jurusan Teknologi Informasi - Politeknik Negeri Malang.
References
Farizah, Azkia Nury.2015.Rancang Bangun Aplikasi
Pembelajaran Bahasa Inggris untuk AnakAnak Menggunakan Teknologi
Kinect.Malang: Politeknik Negeri Malang.
Ikhsan Kurnia Indra Rukmana.2014. Pembuatan
Game Multi Platform “Joko The Explorer”
Menggunakan Scirra Construct 2 Berbasis
Html .Yogyakarta: Sekolah Tinggi
Manajemen Informatika Dan Komputer
Amikom Yogyakarta.
Kristiani, Dian.2015.Ensiklopedia Negeriku Alat
Musik Tradisional.Jakarta: Penerbit PT
Bhuana Ilmu Komputer.
Ranita Windriani, Miftahul Bagus Pranoto, Yunita
Khumaeroh.2015. Jombie - Game Berbasis
Android Untuk Mengenalkan Tradisi, Adat
Dan Budaya Pernikahan Indonesi
(Jurnal).Universitas Telkom.
Sigit Luarsa, Dicky Marpalo, Hendri Sopryadi.
Penerapan Algoritme Fisher Yates pada
Game Edukasi Eco Mania Berbasis Unity
3D.Palembang: STMIK Global Informatika
MDP.
Sugiyanto, Dzuha Hening Y.2011. Game Edukasi
“Ragam Budaya” Sebagai Media
Pembelajaran Budaya Tentang Pakaian Dan
Rumah Adat Di
Indonesia.Semarang:Universitas Dian
Nuswantoro.
Pembelajaran Bahasa Inggris untuk AnakAnak Menggunakan Teknologi
Kinect.Malang: Politeknik Negeri Malang.
Ikhsan Kurnia Indra Rukmana.2014. Pembuatan
Game Multi Platform “Joko The Explorer”
Menggunakan Scirra Construct 2 Berbasis
Html .Yogyakarta: Sekolah Tinggi
Manajemen Informatika Dan Komputer
Amikom Yogyakarta.
Kristiani, Dian.2015.Ensiklopedia Negeriku Alat
Musik Tradisional.Jakarta: Penerbit PT
Bhuana Ilmu Komputer.
Ranita Windriani, Miftahul Bagus Pranoto, Yunita
Khumaeroh.2015. Jombie - Game Berbasis
Android Untuk Mengenalkan Tradisi, Adat
Dan Budaya Pernikahan Indonesi
(Jurnal).Universitas Telkom.
Sigit Luarsa, Dicky Marpalo, Hendri Sopryadi.
Penerapan Algoritme Fisher Yates pada
Game Edukasi Eco Mania Berbasis Unity
3D.Palembang: STMIK Global Informatika
MDP.
Sugiyanto, Dzuha Hening Y.2011. Game Edukasi
“Ragam Budaya” Sebagai Media
Pembelajaran Budaya Tentang Pakaian Dan
Rumah Adat Di
Indonesia.Semarang:Universitas Dian
Nuswantoro.