Identifikasi Kecerdasan Majemuk Siswa untuk Pertimbangan Studi Lanjut dengan Metode Fuzzy Topsis

2019: Seminar Informatika Aplikatif 2019

Ariadi Retno Tri Hayati Ririd
Dika Rizky Yunianto
Nuansa Fitri Sukma

Abstract

Setiap sekolah khususnya menengah atas menginginkan siswa mereka mendapatkan karir yang sesuai dengan bakat dan kemampuan masing-masing. Terkadang banyak siswa yang berhenti atau putus studi dikarenakan bidang yang mereka jalani tidak sesuai dengan kemampuan siswa tersebut. Di MAN 4 Madiun guru melakukan tes bakat dan minat namun masih menggunakan cara yang manual sehingga hasil yang diperoleh harus menunggu lebih lama. Berdasarkan permasalahan tersebut dibuatlah aplikasi berbasis website  yang dapat mengidentifikasi kecerdasan majemuk siswa. Metode yang digunakan adalah metode Fuzzy Topsis. Metode Topsis memiliki konsep di mana alternatif yang terpilih merupakan alternatif terbaik yang memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif dan jarak terjauh solusi ideal negatif. Metodologi yang digunakan adalah waterfall dan bahasa pemrograman adalah PHP dan HTML, MySql sebagai databasenya. Kriteria yang digunakan bobot dari tiap-tiap soal dan untuk alternatifnya menggunakan delapan kecerdasan.Aplikasi ini terdiri dari dua pengguna yaitu admin dan user, di mana admin dapat memanipulasi data soal, data user dan data hasil. Sedangkan user dapat mengerjakan soal-soal dan menerima hasil perhitungan aplikasi. Hasil dari aplikasi ini adalah ranking dari delapan kecerdasan masing-masing siswa. Dari penelitian kesimpulan berdasarkan pengujian perbandingan antara perhitungan manual dan sistem aplikasi diperoleh hasil yang sama dengan akurasi sebesar 100%, oleh sebab itu Fuzzy Topsis dapat dimanfaatkan untuk memberikan saran berdasarkan kecerdasan majemuk siswa. Saran dari penelitian ini yaitu, data dengan persentase tertinggi yaitu kecerdasan naturalis dan logika mempunyai nilai sama besar maka hasil sistem dapat menampilkan kedua kecerdasan tersebut beserta cara mengoptimalkan, profesi, dan jenis sekolah.