RANCANG BANGUN PERMAINAN EDUKATIF “STOP GLOBAL WARMING” MENGGUNAKANMETODE FISHER YATES SHUFFLE

2016: Seminar Informatika Aplikatif Polinema (SIAP)

Fitria Hati Puteri
Mungki Astiningrum
Deddy Kusbianto P. A

Abstract

Pembelajaran tentang lingkungan kepada anak melalui media permainan edukatif akan bermanfaat dalam
menanamkan sikap peduli lingkungan sejak dini. Sesuai dengan isu pemanasan global atau Global Warming yang
terjadi  saat  ini,  maka  penulis  membuat  aplikasi  permainan  edukatif  bertema  global  warming.  Tujuan  pembuatan
aplikasi permainan ini adalah untuk memberikan edukasi dan ajakan mencintai lingkungan kepada anak khususnya
usia 7-13 tahun. Tahapan penyelesaian permainan ini  menggunakan  metode pengembangan  multimedia. Terdapat
menu belajar yang berisi pembelajaran tentang global warming dan cinta lingkungan, serta terdapat menu permainan
yang berisi permainan hemat energi, permainan penghijauan, permainan membuang sampah sesuai jenisnya pada 2
tong sampah, dan permainan membuang sampah sesuai jenisnya pada 4 tong sampah. Dalam setiap jenis permainan
menggunakan algoritma Fisher Yates Shuffle untuk mengacak munculnya lampu, benih, dan item-item sampah yang
tersebar.

References

Algoritma Fisher Yates Shuffle [Online] Tersedia:
http://www.programming-algorithms.net diakses
pada tanggal 10 Mei 2016
BobSusanto. Pengertian dan Penyebab Global
Warming [Online] Tersedia :
http://www.seputarpengetahuan.com diakses
pada tanggal 9 Mei 2016
Imran, Syaiful. Tahapan pengembangan multimedia
[Online] Tersedia :http://ilmu-pendidikan.net
diakses pada tanggal 10 Mei 2016 2015
Luarsa, Sigit. Marpalo, Dicky. Sopryadi, Hendri.
2014. “Penerapan Algoritma Fisher Yates pada
Game Edukasi Eco Mania Berbasis Unity 3D”.
Program Studi Informatika, STMIK GLOBAL
INFORMATIKA MDP, Palembang. [Online]
Tersedia: www.eprints.mdp.ac.id
Nugraha, Ryan. Sopryadi, Hendri. 2014. “Penerapan
Algoritma Fisher-Yates Pada Aplikasi The Lost
Insect Untuk Pengenalan Jenis Serangga
Berbasis Unity 3D”. Program Studi Informatika,
STMIK Global Palembang. [Online] Tersedia:
www.eprints.mdp.ac.id
Supriyanto. Priangga, Berri. Yoannita. 2014. ”
Penerapan Algoritme Fisher-Yates pada
Edugame Guess Caculation Berbasis Android”.
Program Studi Informatika, STMIK GI MDP,
Palembang. [Online] Tersedia:
www.eprints.mdp.ac.id